Kinetic Bakal Akuisisi Operator Bus Tingkat London USD 787 Juta

Ilustrasi bus tingkat. (Foto: Narsum.id/Pixabay/Pexels)

Jakarta | Operator kereta komuter dan bus tingkat ikonik London, Go-Ahead Group Plc, akan diakuisisi oleh kelompok investor Kinetic. Nilai transaksi itu mencapai £ 648 juta atau sekitar USD 787 juta.

Berdasarkan laporan Bloomberg, pemegang saham Go-Ahead akan menerima total 1.500 pence per saham secara tunai. Angka itu mewakili premi 24% untuk harga penutupan Go-Ahead pada Jumat pekan lalu yang merupakan hari perdagangan penuh terakhir sebelum muncul laporan pengambilalihan Go-Ahead.

Kinetic, yang didukung oleh dana pensiun Kanada OPTrust, bekerja sama dengan perusahaan transportasi Spanyol, Globalvia Inversiones SAU, dalam menjalankan proses akuisisi ini.

Kinetic sendiri menjalankan jaringan bus terbesar di Australia dan Selandia Baru, sedangkan Globalvia mengoperasikan kereta metro di empat kota di Spanyol dan juga konsesi jalan raya internasional.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

Bukan hanya Kinetic yang berminat mengakuisisi Go-Ahead, melainkan datang juga minat dari operator transportasi yang terdaftar di Sydney, Kelsian Group Ltd.

Bahkan, Kelsian menegaskan sudah memasuki tahap pembicaraan awal dengan Go-Ahead mengenai pengambilalihan. Selain itu disebutkan juga bahwa seluruh tawaran potensial akan berbentuk tunai.

Go-Ahead mengoperasikan hampir seperempat bus London, termasuk sejumlah armada tanpa emisi kota. Perusahaan tersebut juga menjalankan Govia Thameslink, perusahaan kereta api terbesar di Inggris, yang bertanggung jawab atas layanan kereta komuter ke London serta jalur Gatwick Express ke salah satu bandara ibu kota.

Saat ini, minat akuisisi terhadap perusahaan transportasi Inggris memang sedang naik, lantaran investor bertaruh pada rebound pasca-Covid dan mencari pengembalian jangka panjang yang stabil yang ditawarkan oleh kontrak yang didukung pemerintah.[]