Thailand Bersiap Menjadi Tuan Rumah Acara APEC CEO Summit 2022

APEC 2022. (Foto: Narsum.id/Ist)

Narsum.id | Jakarta – Sektor swasta Thailand siap menjadi tuan rumah APEC CEO Summit 2022 pada November, dengan fokus pada inflasi, krisis energi dan pangan, rehabilitasi ekonomi setelah pandemi, dan keberlanjutan.

Ketua KTT dan anggota Dewan Penasihat Bisnis APEC (Abac) Thailand, Poj Aramwattananont mengatakan bahwa acara yang dijadwalkan pada 16-18 November di Bangkok ini, akan menjadi pertemuan para CEO top dunia, pemimpin APEC, pembuat kebijakan, dan pemimpin pemikiran dari 21 negara anggota.

Dia mengatakan, mereka akan berbagi visi dan bergabung untuk mendorong perdagangan global dan pertumbuhan ekonomi.

“Pertemuan ini merupakan kesempatan yang sempurna untuk mencari solusi untuk mengatasi tantangan bisnis saat ini yang dihadapi oleh kawasan Asia-Pasifik dan dunia,” kata Poj seperti dilansir dari Bangkok Post.

Baca Juga :   Trump Menghadapi Pemerintah AS dalam Persidangan Atas Dokumen Rahasia

“KTT akan berperan dalam membantu para pemimpin APEC untuk mengatasi masalah jangka pendek, terutama dampak kenaikan inflasi, krisis energi dan pangan, keberlanjutan, dan bagaimana merehabilitasi ekonomi setelah pandemi mematikan,” lanjutnya.

KTT tersebut merupakan bagian dari pertemuan tahunan Pemimpin Ekonomi APEC, yang dijadwalkan pada 18-19 November di Bangkok.

Pertemuan Abac dijadwalkan 13-16 November untuk merangkum proposal sektor swasta untuk KTT dan mempresentasikannya ke pertemuan para pemimpin ekonomi, katanya.

“KTT tahun ini akan menjadi pertama kalinya setidaknya 1.000 ekonom terkemuka dan pemimpin bisnis dijadwalkan untuk bertemu secara langsung. Lebih dari 10 pemimpin dari ekonomi anggota APEC akan memberikan pidato utama tentang topik yang sangat menarik minat publik,” ujar Poj.

Baca Juga :   IRRI Klarifikasi Soal Penghargaan Swasembada Beras

Dia juga mengatakan bahwa tempat tersebut juga menawarkan kesempatan yang baik bagi sektor swasta Thailand untuk menunjukkan kepada dunia potensinya, baik dalam ketahanan pangan, investasi, pariwisata atau keuangan.

Untuk itu, sektor bisnis mendorong pengusaha muda di seluruh Thailand untuk ambil bagian dalam menjadi tuan rumah acara. Sosialisasi ini sangat penting karena generasi muda akan memainkan peran kunci dalam menggerakkan perekonomian negara di masa depan.

Direktur eksekutif APEC CEO Summit 2022 dan Abac, Kasemsit Pathomsak mengatakan, tema utama konferensi tersebut adalah keberlanjutan, sejalan dengan pembangunan ekonomi bio-, sirkular dan hijau.

KTT itu akan menjadi “pertemuan hijau” dengan fokus ramah lingkungan, yang bertujuan untuk mengikuti tren global, kata Kasemsit.

Baca Juga :   Thailand Memperketat Aturan Iklan Kripto Setelah Pembekuan Zipmex

“KTT ini penting karena menandai pertama kalinya pertemuan tatap muka selama bertahun-tahun. Beberapa zona ekonomi memiliki pemimpin baru dan ada tantangan global baru seperti inovasi, masa depan Asia-Pasifik, perdagangan dan investasi, kesehatan dan keberlanjutan,” ucapnya.

“Banyak pemimpin telah diundang untuk menunjukkan visi mereka, termasuk presiden AS, yang kemungkinan akan hadir karena AS akan menjadi tuan rumah dan presiden pertemuan APEC tahun depan,” pungkasnya.[]