Pengusaha Rusia Gelar Sayembara Penangkapan Putin, Hadiahnya USD 1 Juta

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Narsum.id/Pixabay)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Narsum.id – Pengusaha asal Rusia, Alex Konanykhin mengadakan sayembara untuk penangkapan Presiden Rusia Vladimir Putin hidup atau mati, dengan iming-iming hadiah USD 1 juta. Sayembara ini disebarkannya lewat akun Facebook dan LinkedIn, dengan pernyataan Putin adalah penjahat perang di bawah hukum Rusia dan internasional.

Tawaran Konanykhin itu muncul seminggu setelah invasi Rusia ke Ukraina, yang sudah menewaskan lebih dari 2.000 orang di Ukraina. Setelah Facebook melarang unggahan tersebut, Konanykhin pun menegaskan bahwa ia tidak meminta orang membunuh Putin, melainkan hanya ingin Putin dibawa ke pengadilan, seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Konanykhin mengatakan, Putin bukanlah presiden Rusia lantaran berkuasa sebagai hasil dari operasi khusus meledakkan gedung-gedung apartemen di Rusia, kemudian melanggar konstitusi dengan menghilangkan pemilu yang bebas dan membunuh lawan-lawannya.

“Sebagai seorang etnis Rusia dan warga negara Rusia, saya melihatnya sebagai kewajiban moral saya untuk memfasilitasi denazifikasi Rusia,” kata Konanykhin.

Baca Juga :   PKN Sukses Gelar Rapimnas Pertama, Politikus Akbar Faizal Turut Hadir

Konanykhin menguasai sejumlah bidang usaha, seperti real estate, saham dan perbankan. Pada tahun 1992, nilai perusahaannya mencapai sekitar USD 300 juta. Bahkan, ia sempat menjadi bagian dari delegasi pertama Presiden Rusia Boris Yeltsin ke Washington pada tahun itu.[]