AS Hapus Aturan Wajib Masker di Transportasi Massal, Termasuk Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat, (Foto: Narsum.id/Pixabay/StockSnap)
AS Hapus Aturan Wajib Masker di Transportasi Massal, Termasuk Pesawat. (Foto: Narsum.id/Pixabay/StockSnap)

Jakarta | Maskapai penerbangan Eropa tengah mempertimbangkan persyaratan masker mereka pada penerbangan ke Amerika Serikat (AS), setelah seorang hakim federal menghapus mandat masker Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention’s (CDC) pada transportasi massal, termasuk di dalam pesawat.

Keputusan yang diambil pada awal pekan ini telah membuat maskapai AS, termasuk Delta Air Lines dan United Airlines, membatalkan persyaratan penggunaan masker pada penerbangan domestik, dan pada penerbangan internasional di mana peraturan lokal tidak mengharuskan penumpang untuk memakainya.

Keputusan itu mengejutkan maskapai penerbangan dan sebaliknya membuat penumpang senang dan frustrasi. Hal ini juga telah membagi operator Eropa mengenai apa yang harus mereka butuhkan pada penerbangan trans-Atlantik.

Melansir The Wall Street Journal, juru bicara Air France dan Deutsche Lufthansa mengatakan, masker masih diperlukan di semua penerbangan mereka, sesuai dengan peraturan Prancis dan Jerman.

Baca Juga :   Peritel 7-Eleven PHK Ratusan Karyawan di AS Akibat Tekanan Inflasi

British Airways dan maskapai Belanda KLM, yang beroperasi dalam kemitraan bersama Air France, mengatakan kepada pelanggan bahwa persyaratan untuk mengenakan masker di dalam pesawat bergantung pada pembatasan di tujuan kedatangan.

KLM mengatakan kepada penumpang bahwa pihaknya masih sangat menyarankan semua penumpang untuk memakai masker di pesawat. Sedangkan Virgin Atlantic Airways mengatakan bahwa masker akan menjadi pilihan pribadi bagi pelanggan yang berlaku segera di semua rute antara Inggris dan AS.

Maskapai meminta pelanggan untuk menghormati preferensi masker sesama penumpang. Banyak negara Eropa telah membatalkan persyaratan masker.

Inggris adalah salah satu negara pertama secara global yang membatalkan semua aturan perjalanan Covid-19, termasuk mewajibkan penggunaan penutup wajah di pesawat dan di terminal bandara.

Baca Juga :   Krisis Pangan, Pelabuhan Laut Hitam Ukraina Bakal Segera Dibuka Kembali

Swedia juga telah mencabut pembatasan perjalanan Covid-19. Maskapai Skandinavia SAS telah mengirim pesan singkat kepada penumpang yang mengingatkan mereka bahwa masker tidak lagi diperlukan di sebagian besar penerbangan.[]