FIFA: Kanada, Meksiko, AS Harus Siap Hadapi Invasi Sepak Bola

Polda Jatim Ungkap Kronologi Kasus Pengaturan Skor Liga 3
Ilustrasi bola. (Foto: Narsum.id/Pixabay/CoxinhaFotos)

Jakarta | Presiden FIFA Gianni Infantino pada Kamis (16/06/2022) memperingatkan Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat (AS) untuk bersiap menghadapi “invasi” sepak bola, saat lokasi Piala Dunia 2026 diumumkan.

Piala Dunia pertama yang diselenggarakan bersama oleh tiga negara berbeda juga akan melihat rekor jumlah tim yang ambil bagian, meningkat 16 menjadi 48, saat turnamen kembali ke Amerika Utara untuk pertama kalinya sejak putaran final 1994.

16 tempat yang disebutkan termasuk 11 di Amerika Serikat (AS), tiga di Meksiko dan dua di Kanada. Semua pertandingan AS akan diadakan di tempat-tempat yang merupakan rumah bagi tim NFL, seperti Stadion SoFi di Los Angeles dan Stadion MetLife di East Rutherford diprediksi akan menjadi tuan rumah final.

Sementara itu, Infantino mengatakan 2026 akan melampaui final 1994 di AS, yang memegang rekor jumlah kehadiran tertinggi, dalam segala hal.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

“Saya pikir bagian dunia ini tidak menyadari apa yang akan terjadi pada 2026. Tiga negara ini akan dijungkirbalikkan dan kemudian dijungkirbalikkan lagi. Dunia akan menyerang Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat,” kata Infantino seperti dilansir dari AFP.

Infantino berharap Piala Dunia akan memacu perkembangan sepak bola di kawasan itu lebih jauh.

Keputusan tentang tempat mana yang akan menjadi tuan rumah pertandingan tenda seperti final Piala Dunia dan pertandingan pembukaan belum diambil.

“Itu masih harus kita bahas, kita masih harus menganalisis itu. Kami akan mengambil keputusan pada waktunya,” ujar Infantino.

Namun, mengingat penyebaran geografis yang luas dari pementasan turnamen di seluruh Amerika Utara, FIFA sedang mencari tim yang berbasis di “kelompok” regional untuk meminimalkan perjalanan.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

“Ketika Anda berurusan dengan wilayah yang luas seperti Amerika Utara, kami perlu memperhatikan para penggemar dan memastikan bahwa tim bermain dalam kelompok, bahwa penggemar dan tim tidak harus melakukan perjalanan jauh,” pungkasnya.[]