PGN Bakal Bangun 240.000 Jaringan Gas di Jabodetabek dan Sekitarnya

PGN Bakal Bangun 240.000 Jaringan Gas di Jabodetabek dan Sekitarnya. (Foto: Narsum.id/Pertamina)
PGN Bakal Bangun 240.000 Jaringan Gas di Jabodetabek dan Sekitarnya. (Foto: Narsum.id/Pertamina)

Narsum.id – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menargetkan membangun 240.000 jaringan gas (jargas) di wilayah Jabodetabek, Karawang, Cilegon dan Cirebon. Khusus wilayah Jakarta, PGN berencana tahun ini membangun sekitar 92.000 Sambungan Rumah Tangga (SR) melalui skema investasi internal.

Selain itu, PGN juga berencana membangun 62.000 SR melalui skema kerja sama dengan mitra, sehingga total jargas yang terbangun di Jakarta tahun ini diperkirakan mencapai 154.000 SR.

“Dalam pelaksanaan pembangunan jargas rumah tangga di DKI Jakarta, PGN menggunakan tiga strategi,” kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar, seperti dikutip dari laman resmi Pertamina.

Pertama adalah penetrasi, di mana akan menambah pelanggan baru di sekitar infrastruktur eksisting. Kedua, pengembangan dengan menambah pelanggan baru melalui penambahan pipa induk dari infrastruktur eksisting. Ketiga, beyond pipeline, yaitu menambah pelanggan baru yang berada cukup jauh dari infrastruktur eksisting dengan menggunakan CNG/ LNG.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

PGN juga mengharapkan dukungan pemerintah daerah, berupa perizinan maupun kemudahan akses dalam melakukan pengembangan infrastruktur gas bumi, termasuk dalam rangka sosialisasi pemanfaatan gas bumi kepada masyarakat.

Sebagai Subholding Gas dan bagian dari Holding Migas Pertamina, PGN berkomitmen memberikan kontribusi terbaik melalui layanan gas bumi untuk sektor rumah tangga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Sampai tahun 2024, PGN akan membangun infrastruktur jargas untuk 4 juta SR.[]