
Narsum.id – PT Pertamina (Persero) menyediakan 50 booth yang bisa digunakan secara gratis oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyediakan kebutuhan para penonton MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia. Balap motor kelas dunia ini berlangsung 18-20 Maret 2022 di sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).
VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan bahwa UMKM yang dilibatkan merupakan UMKM lokal yang berasal dari NTB dan sekitarnya. Setelah melalui proses kurasi, produknya akan dipamerkan dan diperjualbelikan kepada pengunjung.
“Kami berikan kesempatan bagi pelaku UMKM di NTB untuk menjadi tenant pada booth ini, untuk memperkuat dukungan kita bagi tumbuhnya perekonomian lokal,” kata Fajriyah seperti dikutip dari laman resmi Pertamina.
“Harapannya, kegiatan ini nantinya akan menjadi embrio bagi terciptanya ekosistem yang kuat antara pasok dan permintaan untuk sektor pariwisata di Mandalika sebagai salah satu DPSP,” lanjutnya.
Indonesia menghadapi masa sulit sudah hampir 2 tahun akibat pandemi. Memasuki tahun 2022, diharapkan menjadi tahun keemasan bagi pelaku bisnis, terutama pelaku UMKM. Momentum MotoGP Mandalika juga diharapkan dapat membantu UMKM, bahkan dapat dimanfaatkan untuk menggaet investor.
Pertamina terus mendorong UMKM binaannya untuk meningkatkan akses dan mempromosikan produk UMKM, baik dalam maupun luar negeri. Salah satu upayanya adalah mengajak UMKM mulai memasarkan produknya secara digital, baik melalui internet, televisi dan jaringan komputer lainnya.
Hingga tahun lalu, Pertamina telah memiliki 4.047 UMKM Go Digital dan menjadikan momentum pandemi sebagai pemicunya, terhubung langsung dalam ekosistem digital dengan memanfaatkan platform e-commerce maupun marketplace. Digitalisasi sebagai kunci utama bagaimana UMKM mampu bertahan saat pandemi.[]
Leave a Reply