Elon Musk Jual USD 6,9 Miliar Saham Tesla

Logo Tesla. (Foto: Narsum.id/Unsplash/Alexander Shatov)

Narsum.id | Jakarta – Elon Musk menjual USD 6,9 miliar sahamnya di Tesla Inc, yang merupakan perusahaan mobil listrik miliknya sendiri.

Aksi ini menjadi penjualan terbesar miliarder tersebut, lantaran dia membutuhkan uang tunai, jika terpaksa melanjutkan kesepakatannya yang dibatalkan untuk membeli Twitter Inc. Menurut dokumen pengajuan, Musk melepas sekitar 7,92 juta saham Tesla pada 5 Agustus.

Ketika ditanya oleh pengikutnya di Twitter apakah Musk sudah selesai menjual dan akan membeli saham Tesla lagi jika kesepakatan pembelian Twitter senilai USD 44 miliar tidak ditutup, Musk menjawab: “Ya.”

Penjualan itu terjadi hanya empat bulan setelah Musk menyatakan tidak memiliki rencana lebih lanjut untuk menjual saham Tesla setelah melepas USD 8,5 miliar saham, setelah tawaran awalnya untuk membeli Twitter.

Baca Juga :   Singapura Tegaskan Kembali Bahaya Kripto, Uang Pelanggan Tak Dilindungi UU

Pada Juli, Musk mengakhiri perjanjian untuk membeli Twitter, dan mengklaim bahwa jejaring sosial itu telah membuat “representasi yang menyesatkan” atas jumlah bot spam di layanan tersebut.

Sejak saat itu, Twitter melayangkan gugatan ke pengadilan agar Musk menyelesaikan kesepakatan.

Dia sebelumnya telah mengumumkan bahwa dia mendapatkan USD 7,1 miliar komitmen ekuitas dari investor, termasuk miliarder Larry Ellison, Sequoia Capital dan Binance.

“Saya akan menempatkan peluang pada 75% bahwa dia membeli Twitter. Saya terkejut,” kata Gene Munster, mantan analis teknologi yang sekarang menjadi mitra pengelola di perusahaan modal ventura Loup Ventures, seperti dikutip dari Bloomberg.

Pada akhir pekan, Musk mengunggah cuitan bahwa jika Twitter menyediakan metode pengambilan sampel akun untuk menentukan jumlah bot dan bagaimana mereka dikonfirmasi sebagai nyata, “kesepakatan harus dilanjutkan dengan persyaratan asli.”

Baca Juga :   Pfizer Bakal Mengakuisisi Global Blood Therapeutics USD 5,4 Miliar

Musk kini telah menjual saham Tesla senilai sekitar USD 32 miliar selama 10 bulan terakhir.

Tujuan dari penjualan terbaru tidak segera jelas. Saham Tesla telah meningkat sekitar 35% dari posisi terendah baru-baru ini yang dicapai pada bulan Mei, meskipun masih turun sekitar 20% tahun ini.

Dengan total kekayaan USD 250,2 miliar, Musk adalah orang terkaya di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index, namun kekayaannya telah turun sekitar USD 20 miliar tahun ini karena saham Tesla menurun. []