Kardinal Pendukung Demokrasi Ditangkap di Hong Kong

Kardinal Joseph Zen. (Foto: Narsum.id/oldyosef.hkdavc.com)

Jakarta | Penangkapan Joseph Zen, seorang kardinal berusia 90 tahun, di bawah undang-undang keamanan nasional Hong Kong telah mengejutkan komunitas Katolik kota itu, ketika Vatikan berusaha memperbarui kesepakatan rahasia dengan Beijing.

Penangkapan Zen terjadi selama tindakan keras oleh Beijing terhadap perbedaan pendapat di Hong Kong, memperdalam kekhawatiran bahwa pembatasan gaya Tiongkok daratan pada iman akan datang ke kota yang dulunya blak-blakan, di mana banyak pendukung demokrasi beragama Kristen.

“Mereka yang menentang kesepakatan itu sekarang memiliki alasan yang lebih kuat untuk menentangnya,” kata Beatrice Leung, anggota Sisters of the Precious Blood dan teman lama Zen, yang dikutip dari AFP.

Zen, salah satu ulama Katolik berpangkat tinggi di Asia, termasuk di antara lima pendukung demokrasi yang ditangkap bulan ini karena berkonspirasi untuk berkolusi dengan pasukan asing.

Baca Juga :   Menparekraf Bakal Bangun Sekolah Pendidikan Pariwisata di Labuan Bajo

Kelompok ini sedang diselidiki atas dana yang kini tidak berfungsi untuk membantu membayar biaya hukum bagi para pembangkang, dan mereka akan muncul untuk panggilan pengadilan pada hari Selasa.

Zen, yang melarikan diri dari daratan Tiongkok sebelum komunis mengambil alih pada tahun 1949, tenang ketika polisi datang untuknya.

“Jangan takut akan Tuhan yang telah merencanakan semuanya,” katanya menurut Oscar Lai, seorang petugas keuskupan yang menawarkan diri untuk membantunya.

Dalam beberapa dekade terakhir, Vatikan telah membangun hubungan dengan Tiongkok. Puncaknya adalah kesepakatan 2018, yang isinya tetap rahasia, memungkinkan Tiongkok untuk memilih uskup di daratan dan kemudian meminta Roma menyetujui mereka.

Zen sangat kritis, menyebut kesepakatan itu sebagai penjualan umat Katolik “bawah tanah” Tiongkok. Perjanjian itu diperbarui pada 2020, bahkan ketika Beijing dituduh menindas Muslim di wilayah barat jauh Xinjiang dan umat Kristen bawah tanah di timur Tiongkok.[]