Produsen Toblerone Pindahkan Sebagian Produksi ke Slovakia

Cokelat Toblerone. (Foto: Narsum.id/Pixabay/Hans)

Jakarta | Mondelez yang merupakan produsen cokelat Toblerone, akan mengalihkan sejumlah produksi cokelat batangan segitiga ikoniknya dari Swiss ke Slovakia, pada akhir tahun depan. Keputusan itu diambil dengan alasan pertumbuhan yang kuat dan kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

“Mulai akhir tahun 2023, kami akan menambahkan produksi Toblerone terbatas di Slovakia,” kata juru bicara Mondelez Livia Kolmitz dalam pernyataan email pada Kamis seperti dikutip dari Reuters, membenarkan sebuah laporan oleh penyiar Swiss SRF.

Perusahaan makanan memang menghadapi inflasi biaya tinggi, namun Kolmitz tidak menghubungkan pemindahan produksi dengan tekanan biaya, melainkan mengutip pertumbuhan yang kuat yang juga berarti Mondelez akan meningkatkan kapasitas di lokasi produksinya di Bern, Swiss.

Toblerone pertama kali diluncurkan pada tahun 1908 dan telah diproduksi secara eksklusif di Swiss sejak awal 1990-an. Kemasannya menampilkan gunung Swiss Matterhorn yang terkenal dan mengiklankan “cokelat susu Swiss”.

Baca Juga :   Pendapatan Pariwisata Thailand Diprediksi Meleset Tanpa Stimulus

Di bawah aturan pelabelan Swiss yang ketat, cokelat yang dibuat di luar negeri tidak dapat disebut “Swiss”, namun Kolmitz menolak berkomentar apakah Toblerone akan mengubah kemasannya atau tidak.[]