Induk Shopee Kabarnya Bakal Akuisisi Perusahaan Asuransi di RI

Logo Shopee

Jakarta – Induk usaha e-commerce Shopee, Sea Limited, dikabarkan bakal mengakuisisi saham perusahaan asuransi di Indonesia, setelah pada tahun lalu mengambil-alih saham Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Saat ini, Sea Limited tengah berproses untuk mengakuisisi Asuransi Mega Pratama. Hal ini, dilakukan melalui mitra bisnisnya di Indonesia, Andy Indigo seperti dikutip dari Financial Times, Rabu (11/05/2022).

Andy Indigo merupakan mitra bisnis penting Sea Limited di Indonesia, lantaran memiliki 50 persen saham di layanan pembayaran digital Shopee Pay. Ia juga menjadi mitra Sea limited saat mengakuisisi Bank Kesejahteraan Ekonomi yang saat ini berubah menjadi Sea Bank Indonesia.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama
Logo Shopee. (Foto: Narsum.id/Ist)

Jika aksi korporasi ini benar-benar terlaksana, maka persaingan penyedia super app antara Sea Group, Grab dan Goto akan semakin memanas.

Pasalnya, ketika Grab dan Goto hanya menawarkan asuransi kepada penggunanya melalui pihak ketiga, Sea Group juga hadir menawarkan polis asuransi melalui platform e-commerce Shopee di beberapa negara tertentu.

Baru-baru ini, Sea Group juga baru saja mengumumkan kolaborasinya di luar bisnis asuransi. Yakni kerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) untuk  memoles Bank Mayora menjadi bank digital.

Untuk hal ini, Manajemen BNI menyebut bersedia mendilusi sekitar 10 persen kepemilikan sahamnya di Bank Mayora kepada Sea Group. []

Baca Juga :   Pemerintah Dukung Masyarakat Memperoleh Manfaat dari Pariwisata Labuan Bajo