Tiongkok Diam-diam Membeli Minyak Mentah Rusia yang Murah

Ilustrasi penyulingan minyak. (Foto: Narsum.id/Pixabay)
Ilustrasi penyulingan minyak. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Jakarta | Penyulingan minyak Tiongkok disebut sedang bernegosiasi secara pribadi di bawah radar dengan para pedagang minyak mentah Rusia yang murah, lantaran pasokan negara itu terus meresap ke pasar. Berbeda dengan India yang telah mengeluarkan sejumlah tender untuk membeli minyak mentah Ural andalan Rusia di antara kelas lainnya.

Sebagian besar pembeli menghindari minyak mentah Rusia setelah invasinya ke Ukraina, lantaran khawatir reputasi mereka akan rusak atau terkena sanksi. Sementara penyulingan independen Tiongkok, yang merupakan seperempat dari kapasitas pemrosesan negara dan sebagian besar berbasis di Shandong, membeli sejumlah minyak ESPO yang dimuat di pelabuhan timur Rusia Kozmino, menurut para pedagang seperti dikutip dari Bloomberg.

Baca Juga :   PM Italia Draghi Resmi Serahkan Pengunduran Diri ke Mattarella

ESPO disukai lantaran dapat dikirim ke pelabuhan mereka yang lebih kecil, yang tidak dapat menurunkan muatan kapal yang lebih besar, dari jarak yang lebih pendek sehingga menghemat biaya.

Perdagangan minyak Rusia sebagian besar telah bergeser dari mata publik, setelah invasi ke Ukraina. Pembeli dan penjual yang bersedia, dipaksa terlibat dalam negosiasi pribadi setelah sejumlah tender menarik tawarannya. Shell Plc mendapat kritik keras setelah pembelian Ural tidak lama setelah perang dimulai.

Minyak mentah Rusia lainnya, Sokol, juga mengalir ke India. Menurut para pedagang, Indian Oil Corp yang dikelola negara dan Hindustan Petroleum Corp membeli beberapa pemuatan Sokol pada Mei dari ONGC Videsh Ltd, mitra ekuitas dalam proyek Sakhalin-I. Kargo dimuat dari terminal De-Kastri. Namun, Hindustan Petroleum dan ONGC menolak berkomentar.

Baca Juga :   TNSC: Ekspor Thailand Tak Akan Terdampak Aturan Baru Bank Sentral Myanmar

Berdasarkan data Bloomberg, India sejauh ini telah membeli setidaknya 13 juta barel Ural sejak akhir Februari.[]