Wapres Sebut Satgas Perlindungan Data Sudah Dibentuk

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Foto: Narsum.id/Twitter @kyai_MarufAmin)
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Foto: Narsum.id/Twitter @kyai_MarufAmin)

Jakarta – Pemerintah menyatakan sudah membentuk Satgas Perlindungan Data untuk melindungi data Indonesia dari serangan siber. Tim ini, terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), hingga Polri.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan, tim darurat ini mengemban tugas mengungkap dan melindungi data pribadi. Menurutnya, tim lintas lembaga tersebut saat ini tengah melakukan koordinasi untuk melakukan tindakan terhadap kejahatan di bidang siber.

Baca Juga :   Program Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Dimulai Hari ini

“Tim sudah dibentuk untuk melakukan penataan, terutama pengamanan siber. Ini terdiri dari berbagai lembaga dan diharapkan bisa mengantisipasi (kebocoran data ke depan),” ucapnya, Kamis (15/09/2022).

Meski demikian, ia tidak memperinci tindakan yang telah dilakukan tim. Wapres menyampaikan, bahwa tim darurat ini merupakan reaksi cepat pemerintah di tengah pembobolan data yang terjadi. Tim juga melakukan kajian untuk mengantisipasi potensi pembobolan di masa mendatang. []