Menko Luhut: KTT G20 November, Bali Bersih dari Sampah

Luhut
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Narsum.id/Kemenko Marves)

Narsum.id | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan, memastikan Bali menjadi provinsi yang bersih dari sampah.

Hal tersebut disampaikannya saat mengunjungi salah satu proyek pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terakhir (TPST) di Denpasar, yaitu TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar pada Rabu (31/08/2022).
 
 “Kita sedang membangun 3 TPST di Denpasar dan akan selesai pada minggu kedua Oktober dan dapat segera beroperasi, sehingga ketika pada pelaksanaan KTT G20 bulan November mendatang, Bali sudah bersih dari sampah,” sebut Menko Luhut.

Baca Juga :   Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Jumat 2 September 2022

 
Mesin utama pengolah sampah yang digunakan pada TPST ini akan dikembangkan di Indonesia, “Pemerintah akan mengembangkan 52 titik TPST di seluruh Indonesia dan nantinya mesin utamanya akan diproduksi di berbagai pabrik di Indonesia untuk mendukung produk dalam negeri,” tambahnya.
 
Ketiga TPST tersebut dipergunakan untuk menggantikan TPA Suwung yang sudah melebihi kapasitas. Nantinya sampah yang sudah tertimbun akan diolah di TPST, “Kita juga sedang menyiapkan upaya penanganan TPA Suwung pasca-penutupan melalui pemadatan dan pelapisan,” tegasnya.

Baca Juga :   Regulator UE Menyetujui Vaksin Omicron

 
Menko Luhut juga mengungkapkan diperlukan kerja sama dengan Universitas Udayana (UNUD) untuk melakukan penelitian terkait sisa sampah yang tersisa di TPA Suwung, termasuk membuat inovasi baru pada pengelolaan sampah.

“Perlu dibuatkan studi pengelolaan sampah basah maupun sampah kering, dengan UNUD terlibat terus nanti apapun yang kita buat semua berdasarkan pada ilmu,” tandasnya. []

Baca Juga :   Trump Menghadapi Pemerintah AS dalam Persidangan Atas Dokumen Rahasia