Jokowi Luncurkan Teknologi 5G Mining Pertama di Asia Tenggara

Narsum.id | Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Teknologi 5G Mining pertama di Asia Tenggara di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (01/09/2022). Teknologi 5G Mining ini, merupakan kerja sama antara PT Freeport Indonesia dengan Telkomsel.

“Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara, oleh PT Freeport Indonesia yang didukung PT Telkomsel,” ucap Jokowi.

Baca Juga :   Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Kamis 1 September 2022

Presiden menekankan pentingnya intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan di Indonesia, yang umumnya berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau serta tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah. Penerapan teknologi 5G Mining mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh sekaligus meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas PT Freeport Indonesia.

“Melalui teknologi 5G underground smart mining ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja,” ungkapnya.

Baca Juga :   BNN Bersama Pemda Sulawesi Selatan Canangkan Desa dan Kelurahan Tangguh Bersinar

Sebelumnya, Presiden telah meninjau secara langsung penggunaan teknologi tersebut di tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia. Presiden mengaku senang lantaran teknologi mutakhir ini diawaki oleh sumber daya manusia (SDM) dalam negeri khususnya Papua.

“Saya sangat gembira mendengar bahwa tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan dari jarak jauh, tadi saya sudah melihat secara langsung, yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia khususnya dari tanah Papua,” sebutnya.

Baca Juga :   Harga Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex Turun Mulai Hari ini

Presiden pun optimistis PT Freeport Indonesia akan terus dapat menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas serta berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan di tanah air.

“Saya yakin teknologi ini akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global dan menghasilkan semakin banyak SDM-SDM di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia,” tegas Jokowi.[]

Baca Juga :   DPR Apresiasi Penyelenggaraan Haji 1433 H/2022 M Berjalan Baik dan Lancar