Berkshire Hathaway Lepas 1,3 Juta Sahamnya di BYD

Ilustrasi mobil listrik atau electric vehicle (EV). (Foto: Narsum.id/Pixabay/mmurphy)

Narsum.id | Jakarta – Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan investasi milik Warren Buffett, telah menjual saham produsen kendaraan listrik Tiongkok, BYD Co, sebanyak 1,33 juta saham, dengan harga sekitar USD 46 juta.

Menurut pengajuan ke Bursa Efek Hong Kong, penjualan itu mengurangi kepemilikan Berkshire di BYD dari 220 juta saham menjadi 218,7 juta saham.

Laporan tahunan perusahaan investasi tahun 2021 menempatkan saham Berkshire di BYD sekitar 225 juta saham, atau 7,7% dari perusahaan, yang mencerminkan saham yang terdaftar di Hong Kong serta Shenzhen dan di tempat lain.

Tidak dapat ditentukan mengapa pengajuan bursa saham menempatkan kepemilikan perusahaan pada 220 juta saham sebelum penjualan atau ketika kepemilikan Berkshire berkurang 5 juta saham.

Baca Juga :   Kecelakaan Maut Bekasi Renggut Nyawa 7 Murid SD

Mengutip The Wall Street Journal, Berkshire membayar USD 230 juta pada 2008 untuk 10% saham di BYD.

Laba bersih BYD yang diatribusikan kepada pemegang saham biasa dalam enam bulan pertama tahun ini melonjak menjadi sekitar 3,6 miliar yuan, atau sekitar USD 520 juta, dari 1,2 miliar yuan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan yang kuat dalam penjualan mobilnya mendorong pendapatan BYD sebesar 66% menjadi 151 miliar yuan.

Produsen mobil tetap tanpa cedera bahkan ketika penguncian kota terkait Covid-19 dan gangguan rantai pasokan melanda beberapa bagian Tiongkok pada Maret dan April, melumpuhkan pengiriman beberapa mobil saingan, termasuk Tesla Inc.

Dalam poros untuk menjual mobil listrik, BYD mengatakan berhenti memproduksi kendaraan mesin pembakaran tradisional pada bulan Maret.

Baca Juga :   BNN Bersama Pemda Sulawesi Selatan Canangkan Desa dan Kelurahan Tangguh Bersinar

Perusahaan menjual 324.000 mobil baterai secara global dan sekitar 315.000 mobil listrik hibrida plug-in dalam enam bulan hingga Juni.[]