Menko Luhut: Gernas BBI Momentum Hilirisasi Produk Unggulan Papua

Luhut
Menko Luhut. (Foto: Narsum.id/Kemenko Marves)

Narsum| Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Papua secara keseluruhan sudah cukup banyak kemajuan dan memiliki kekayaan alam yang melimpah. Menurutnya, ini sesuai dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo melalui pidato kenegaraannya untuk membuat pembangunan yang inklusif, berkeadilan, serta pesan untuk hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam.

“Searah dengan pesan dari Presiden, mari manfaatkan momentum BBI untuk hilirisasi produk unggulan di Papua. Hal ini bisa diimplementasikan melalui Aksi Afirmasi Belanja Produk Dalam Negeri (PDN) oleh Pemerintah, serta penayangan e-katalog lokal,” ucap Menko Luhut secara virtual dalam acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di GOR Cenderawasih, Jayapura dengan tema “Binar Digital Papua” pada Rabu (24/08/2022).

Baca Juga :   Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Kamis 25 Agustus 2022

Menko Luhut juga mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyelenggarakan rangkaian kampanye Gernas BBI kali ini. Selain mendukung penjualan UMKM, melalui Gernas BBI ini, Menko luhut berharap, Kominfo juga mendorong infrastruktur jaringan serta digitalisasi dari UMKM di Papua itu sendiri.

Menko Marves dalam kesempatan itu juga menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi perhatian, yaitu perkembangan realisasi belanja PDN oleh Pemda Papua, mengembangkan e-katalog lokal, dan juga mengawal target melakukan onboarding UMKM ke ekosistem digital.

Baca Juga :   Kemenkes Akan Gelar Vaksinasi Keempat Akhir 2022

“Kita semua harus serius mengawal target ini, saya juga titip kepada Gubernur dan para Bupati/Walikota untuk memperhatikan anak-anak kita di sana untuk memajukan Jayapura ke depannya,” tegasnya. []