Sikap Komisi III DPR Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J

Desmond Junaidi Mahesa
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa. (Foto: Narsum.id/dpr.go.id)

Narsum.id | Jakarta – Menko Polhukam sekaligus Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD, mempertanyakan sikap DPR RI terkait kasus penembakan Brigadir J oleh mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa menjawab, pihaknya bakal terus mengawasi dan berhati-hati melakukan pemantauan di tengah proses penyidikan yang masih terus berlangsung.

Jawaban ini disampaikan Desmond, usai Rapat Dengar Pendapat dan Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi III DPR RI dengan Ketua Kompolnas Mahfud MD, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik dan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo.

Baca Juga :   Menko PMK Hadiri Acara Setengah Abad Ponpes Al Mukmin Ngruki

“Di awal kasus ini, kami melihat bahwa jika kami terus respon maka dikhawatirkan terjebak pada isu-isu yang belum jelas motif sesungguhnya. Kita harus paham bahwa sudah ada proses hukum yang sudah berjalan yang dilakukan penyidikan oleh Kabareskrim. Kasus ini masih ada yang belum selesai di proses penyidikan,” ucap Desmond di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/08/2022).

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu juga menegaskan bahwa hasil dari rapat tersebut, akan disusun sebagai dasar fokus pendalaman saat rapat dengan Kapolri pada Rabu (24/08/2022) besok. Kepada Kapolri, Komisi III DPR RI akan mempertanyakan kondisi institusi kepolisian yang saat ini sedang tidak baik-baik saja.

Baca Juga :   Pemerintah Berencana Kurangi Subsidi BBM, Begini Penjelasan Menko Luhut

“Komisi III juga akan mempertanyakan sikap Kapolri terhadap sekian banyak perwira Polri yang terlibat baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kasus penembakan Brigadir J oleh Irjen FS ini. Termasuk Komisi III akan mempertanyakan audit Satgasus Merah Putih yang sempat dipimpin Irjen FS yang kini telah dibubarkan oleh Kapolri,” tandas Desmond. []