BNN Musnahkan Ladang Ganja Seluas 4 Hektare di Mandailing Natal

Narsum.id | Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia memusnahkan ladang ganja seluas 4 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara pada Sabtu, (20/08/2022).

BNN sebelumnya bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengidentifikasi tiga titik ladang ganja siap panen yang berada di Desa Huta Bangun, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Baca Juga :   Di Riau, Menparekraf Beberkan Peluang Bisnis Limbah Sawit

Ladang ganja seluas 4 hektare yang berada pada 1.440, 1.029 dan 1.033 MDPL ditemukan tim BNN dari hasil pelaksanaan kegiatan Pesawat Terbang Tanpa Awak, juga dari penyelidikan pada tanggal 8–16 Agustus 2022.

Selanjutnya, tim gabungan sebanyak 149 personel yang terdiri dari BNNK Mandailing Natal, Polri, TNI, Satpol PP, Kejaksaan Negeri, Dinas Kehutanan dan Dinas Pertanian diterjunkan untuk membabat habis ± 8.000 batang ganja dengan berat ± 4 Ton.

Baca Juga :   LPEI Gandeng PPATK Berantas Tindak Pidana Pencucian Uang

Mandailing Natal, adalah salah satu wilayah pengembangan Program Grand Design Alternative Development (GDAD) yang diinisiasi oleh BNN. Melalui program Alternative Development Life Skill, BNN memberikan pelatihan bagi masyarakat yang bertani ganja agar beralih pada komoditas tanaman produktif lainnya seperti kopi yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Pemusnahan ladang ganja ini sesuai dengan Pasal 111 Ayat (2) Undang – undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang tertuang didalamnya terkait larangan menanam, memelihara, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika Golongan I jenis ganja dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Baca Juga :   Sinopsis Trolley, Kisah Terbongkar Masa Lalu Istri Anggota Parlemen

Pemusnahan ladang ganja ini, juga dalam rangka Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-77. BNN pun mengajak seluruh pihak untuk terus menggelorakan semangat juang melawan peredaran gelap narkoba. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR) War On Drugs. Speed Up Never Let Up. []