Tencent Berencana Menjual Sahamnya di Meituan Senilai USD 24 Miliar

Logo Tencent. (Foto: Narsum.id/Reuters)

Narsum.id | Jakarta – Tencent berencana menjual seluruh atau mayoritas sahamnya senilai USD 24 miliar di perusahaan pengiriman makanan Meituan. Saat ini, Tencent menguasai 17% saham Meituan.

Aksi penjualan saham ini dilakukan untuk memonetisasi investasi mereka dan juga memenuhi ketentuan regulator.

Rencana ini juga dilatarbelakangi tindakan keras Pemerintah Tiongkok kepada perusahaan teknologi sejak akhir 2020 yang melakukan akuisisi saham dan memiliki kekuatan pasar yang terkonsentrasi di Tiongkok.

Tindakan keras itu telah menyebabkan denda miliaran dolar untuk raksasa teknologi Tiongkok dan memaksa mereka melakukan divestasi saham. Seperti Tencent yang kini keluar dari bisnisnya dan beralih ke pasar gim global.

Baca Juga :   Elon Musk Akui Bercanda Bilang Mau Beli Manchester United

“Regulator tampaknya tidak senang bahwa raksasa teknologi seperti Tencent telah berinvestasi dan bahkan menjadi pendukung besar berbagai perusahaan teknologi yang menjalankan bisnis yang terkait erat dengan mata pencaharian masyarakat di negara ini,” kata salah satu sumber kepada Reuters.

Pemilik aplikasi pesan Nomor satu Tiongkok, WeChat pertama kali berinvestasi pada perusahaan rivalnya, Meituan-Dianping pada 2014, yang kemudian bergabung dengan Meituan setahun kemudian untuk membentuk perusahaan saat ini.[]