Sebanyak 1 Juta Ton Barang Telah Diangkut oleh Kereta Api Tiongkok-Laos

Ilustrasi kereta barang. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Narsum.id | Jakarta – Total volume barang impor dan ekspor yang diangkut melalui Kereta Api Tiongkok-Laos telah mencapai 1,02 juta ton sejak dibukanya layanan itu delapan bulan lalu, dengan nilai total sekitar 9,14 miliar yuan.

Bea Cukai Kunming, ibu kota provinsi Yunnan, Tiongkok barat daya, mengatakan bahwa bea cukai menangani 1.996 kereta barang internasional di sepanjang rel selama periode tersebut.

“Setelah pembukaan Kereta Api China-Laos, variasi impor dan ekspor perusahaan meningkat,” kata Zhang Xianzhou, manajer perusahaan logistik internasional yang berbasis di prefektur otonom Xishuangbanna Dai, Yunnan, seperti dikutip dari Xinhua.

Xianzhou juga menyebutkan bahwa volume bisnis perusahaan meningkat, sementara waktu bea cukai berkurang secara signifikan.

Baca Juga :   Swiss Merayakan Hari Jadi Ke-175 Layanan Kereta Penumpangnya

Bea Cukai Kunming mengatakan telah meluncurkan serangkaian upaya untuk menjamin pengoperasian kereta barang internasional yang efisien di Jalur Kereta Api Tiongkok-Laos.

Sejumlah langkah itu termasuk mengoptimalkan langkah-langkah pengawasan dan meningkatkan fungsi pelabuhan.

Sebagai proyek penting di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan atau Belt and Road Initiative, Kereta Api Tiongkok-Laos sepanjang 1.035 km menghubungkan Kunming, Tiongkok dengan ibu kota Laos, Vientiane.[]