Kominfo Buka Blokir Lima PSE, Termasuk Paypal dan Steam

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Narsum.id/Kominfo.go)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Narsum.id/Kominfo.go)

Narsum.id | Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa pihaknya telah membuka blokir terhadap lima Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yakni Paypal, Valve Corp yaitu Steam, CS GO, dan Dota, serta Yahoo.

“Lima dari tujuh PSE yang selama ini dibicarakan di masyarakat, seperti misalnya Paypal dan Steam itu normalisasinya sudah dilakukan,” sebutnya, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (02/08/2022).

Baca Juga :   Mensos Risma Soal Beras Bansos Dikubur di Depok Sudah Diganti JNE

Johnny menegaskan, pihaknya telah berkomunikasi intens di antaranya dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk mendorong agar PSE tersebut melakukan pendaftaran.

“Dengan asistensi dan komunikasi yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Amerika mudah-mudahan pendaftarannya segera dilakukan, karena pendaftarannya sangat sederhana,” tegasnya.

Adapun akses Paypal telah dibuka sejak Minggu (31/07/2022) pukul 08.00 WIB. Sementara Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA) serta Yahoo telah dinormalisasi sejak Selasa (02/08/2022) pukul 08.30 WIB sehingga saat ini masyarakat sudah dapat mengakses ketiga grup PSE tersebut.

Baca Juga :   Dede Yusuf: Sandiaga Uno Jungkir Balik Sehatkan Sektor Parekraf dengan Anggaran Kurang dari Rp 3 Triliun

Menkominfo juga menegaskan, blokir itu hanya dibuka untuk sementara atau selama 5 hari kerja per Senin (01/08/2022). Jika proses pendaftaran PSE ini tuntas, PayPal pasti akan dinormalisasi seutuhnya seperti halnya PSE Lingkup Privat yang lainnya.

Selain itu, Johnny juga menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung kreativitas dan inovasi digital sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Dukungan terhadap ruang digital itu kuat dan kita inginkan juga agar ketaatan terhadap hukum dan peraturan di Indonesia oleh platform, baik lokal maupun global itu juga dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya. []

Baca Juga :   Mensos Risma Soal Beras Bansos Dikubur di Depok Sudah Diganti JNE