KKP Berkolaborasi dengan Daihatsu Gelar Program Penyu untuk Indonesia

KKP Berkolaborasi dengan Daihatsu Gelar Program Penyu untuk Indonesia

Narsum.id | Jakarta – Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkolaborasi dengan PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) menggelar “Program Penyu untuk Indonesia pada Jumat, (29/07/2022) di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Muhammad Yusuf yang mewakili Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut menyampaikan, laut berperan penting bagi kehidupan manusia. Sehingga mengelola dan melindungi sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan dengan prinsip ekonomi biru, harus dilakukan.

Baca Juga :   Protes Keras Kenaikan Tarif TN Komodo Rp 3,75 Juta, Pelaku Wisata Labuan Bajo Berhenti Layani Turis

“Komitmen menjaga dan melindungi kelestarian laut, ditunjukkan Indonesia melalui kepemimpinan Prakarsa Segitiga Karang untuk Terumbu Karang, Perikanan dan Ketahanan Pangan (Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF). Oleh karenanya untuk memastikan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan terencana, terukur dan berkelanjutan, sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan dan para pemangku kepentingan lainnya sangat diperlukan,” tutur Yusuf.

Yusuf menegaskan, aksi kolaborasi yang bertujuan untuk konservasi penyu di Indonesia sekaligus dilaksanakan untuk mendukung Bulan Cinta Laut (BCL) dan memperingati Hari Segitiga Terumbu Karang Coral Triangle Day (CT-Day) yang ke-13 Tahun 2022.

Baca Juga :   Kominfo Sebut Steam, Dota, Counter Strike Dalam Proses Daftar PSE dan Domino QiuQiu Bukan Situs Judi

Kegiatan yang diwarnai dengan pelepasliaran 363 tukik itu, dilanjutkan dengan aksi bersih pantai dan laut ini berhasil mengumpulkan 785 kilogram sampah terdiri dari 571,5 kilogram sampah anorganik dan 213,5 kilogram sampah organik.

Sedangkan guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya pelestarian dan perlindungan penyu untuk keseimbangan ekosistem di laut, KKP dan PT ADM juga memberikan edukasi kepada masyarakat, para relawan, dan pelajar di wilayah Jembrana.

Baca Juga :   Pelajar Lombok Timur Suarakan Komitmen Anti Bullying

KKP Berkolaborasi dengan Daihatsu Gelar Program Penyu untuk Indonesia

Direktur Corporate Planning and Communication PT. ADM Sri Agung Handayani dalam kesempatan yang sama mengungkapkan apresiasi kepada KKP atas sinergi yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 melalui Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Penyu dan Ekosistemnya di Indonesia.

“Program lingkungan (konservasi) adalah satu dari empat pilar tanggung jawab sosial dan lingkungan (corporate social responsibility/CSR) PT ADM. Sejak tahun 2022 hingga saat ini, PT ADM telah menetaskan dan melepasliarkan 399.000 tukik,” tegas Yusuf.

Baca Juga :   Penyidikan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo Ditarik Kembali ke Bareskrim Polri

“Ini kami lakukan untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan, memberikan nilai tambah bagi masyarakat, dan menjadi pemicu dunia usaha lain untuk berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan,” tambahnya.

Ketua Kelompok Pelestari Penyu Kurma Asih, I Wayan Anom Astika menambahkan, bahwa sebelum menjadi pelestari penyu kelompoknya merupakan para pemburu penyu, namun berangkat dari keprihatinan terhadap penyu yang banyak diburu, dimanfaatkan, dieksploitasi, dan diperdagangkan secara ilegal.

Baca Juga :   Apollo Gadget Store Gandeng KJJT di Peluncuran Vivo X80 Pro

Lalu sejak tahun 1997 pihaknya mulai mengakhiri perburuannya dan beralih untuk melestarikan penyu hingga saat ini. Anom juga tetap berkomitmen mendukung pemerintah dalam program konservasi penyu di Indonesia melalui pelestarian dan edukasi kepada masyarakat. []