Ferdinand Marcos Jr Luncurkan Cetak Biru, Berjanji Pangkas Kemiskinan

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. (Foto: Narsum.id/Twitter @bongbongmarcos)

Narsum.id | Jakarta – Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. berjanji akan memangkas kemiskinan, mengendalikan melonjaknya harga pangan dan meningkatkan energi terbarukan, saat ia meluncurkan cetak biru atau blueprint ambisius untuk masa jabatan enam tahun.

Dalam pidato Kenegaraan pertamanya, Marcos Jr. menawarkan daftar target, mulai dari mengembalikan anak-anak ke ruang kelas, meringankan beban utang petani, dan memperluas akses internet.

Tidak seperti pendahulunya, Rodrigo Duterte, yang sering keluar dari naskah dalam arus kesadaran dan mengancam akan membunuh orang, Marcos Jr. tetap berpegang pada pidato yang sudah dipersiapkan yang metodis dan berat pada angka.

Setelah mewarisi ekonomi yang rusak akibat penguncian Covid-19 dan inflasi, Marcos Jr. sebagai presiden Filipina baru menyatakan optimisme yang hati-hati untuk masa depan, bahkan ketika perang di Ukraina dan gangguan rantai pasokan menaikkan harga makanan dan bahan bakar.

Baca Juga :   Hiu Putih Makin Mudah Ditemui di Pantai Timur AS

“Kami telah mengumpulkan para pemikir Filipina terbaik untuk membantu menavigasi kami melalui masa krisis global ini,” katanya seperti dikutip dari AFP.

Marcos Jr., yang merupakan putra dan senama mendiang diktator Filipina, berbicara selama 74 menit tanpa menyebutkan hak asasi manusia (HAM), korupsi atau pembicaraan damai dengan kelompok militan. Sebaliknya, dia berfokus pada ekonomi, energi bersih, pertanian, dan membantu orang Filipina yang miskin.

Dia mengatakan energi terbarukan adalah yang terutama dalam agenda iklimnya. Dia bersikeras bahwa sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di negara rawan bencana.

Dia juga berjanji untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menurunkan harga pangan. []