Solo Keroncong Festival 2022 Gelorakan Ekonomi Masyarakat

Solo Keroncong Festival 2022

Narsum.id – Solo Keroncong Festival (SKF) 2022 diselenggarakan pada dua hari berturut-turut 24 dan 25 Juli 2022. Menurut Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, ajang tersebut dapat menggelorakan perputaran ekonomi Solo dan sekitarnya. Juga merupakan kesempatan yang baik bagi UMKM unggulan Solo, yang berbasis kreativitas dan inovasi untuk unjuk gigi.

Sejak dulu, lanjut Teten, Solo selalu menjadi kiblat untuk mendalami ilmu budaya keroncong. Seiring dengan evolusinya, keroncong bertransformasi dari keroncong tempo dulu, hingga keroncong modern, begitu pula festival musik keroncong yang juga terus berbenah.

Baca Juga :   Fenomena Citayam Fashion Week, Jokowi: Asal Positif Nggak Masalah

Solo Keroncong Festival 2022

MenKopUKM menegaskan, SKF 2022 yang mengangkat tema “Keroncong Fusion,” relevan dalam memperkenalkan grup-grup orkes nasional dan internasional ke generasi muda. Terlebih, Solo terkenal sebagai rumah bagi begitu banyak legenda keroncong. Salah satunya seniman keroncong kota Solo yang terkenal adalah Hj. Waldjinah yang di usia 76 tahun masih berkarya lewat musik keroncong.

“SKF 2022 akan menginspirasi pula lahirnya bibit-bibit legenda keroncong di masa depan,” ucap MenKopUKM Teten Masduki saat membuka SKF 2022, di Solo, Minggu (24/07/2022).

Baca Juga :   WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global, Begini Upaya Pencegahan Kemenkes

Ia berharap, penyelenggaraan SKF dapat terus bergulir, tumbuh lebih besar, dan mengukuhkan keroncong sebagai kekayaan budaya Indonesia yang dikenal masyarakat dunia. Adapun SKF 2022 kali ini, menampilkan musik keroncong yang bercampur padu dengan genre musik populer di antaranya pop, campursari, hingga jazz. []