Antrean Panjang di New York untuk Vaksin Cacar Monyet

android-2618093__340
Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Narsum.id/Padtirto)

Narsum.id | Jakarta – Terjadi antrean panjang pria berusia 20-40 tahun menunggu vaksin cacar monyet di New York, Amerika Serikat (AS), pada hari Minggu sore waktu setempat.

Dengan deretan meja dan kursi serta tumpukan peralatan medis, pusat vaksinasi cacar monyet berlokasi di sebuah sekolah menengah di Bushwick, Brooklyn, mengingatkan pada tempat vaksin untuk Covid-19, virus yang juga menjadi pusat gempa di New York.

Mengutip AFP, para pengantre mengaku merasa beruntung telah mendapatkan janji temu, karena New York kekurangan dosis. Disebutkan bahwa pada Jumat pukul 6:00 sore, 9.200 slot waktu tersedia di situs web khusus kota dan slot itu seketika terisi dalam tujuh menit.

New York mengalami peningkatan infeksi cacar monyet pada pekan lalu, dengan 461 kasus tercatat pada Jumat, sejak wabah AS dimulai pada Mei. Jumlah itu naik dari 223 kasus pada Senin.

Baca Juga :   PKN Sukses Gelar Rapimnas Pertama, Politikus Akbar Faizal Turut Hadir

Siapa pun dapat terkena cacar monyet, yang menyebar melalui kontak fisik yang dekat, namun vaksin Jynneos saat ini disediakan untuk pria yang berhubungan seks dengan pria, yang merupakan sebagian besar kasus.

Banyak orang LGBTQ, yang populasinya terbilang besar di New York, khawatir komunitas mereka akan semakin terstigmatisasi karena virus tersebut.

New York telah memberikan atau menjadwalkan 21.500 vaksin cacar monyet dan berharap untuk mempercepat prosesnya, menjanjikan lebih dari 30.000 suntikan untuk seluruh negara bagian.[]