Saingi Tesla, Wuling Luncurkan Mobil Listrik Murah

Salah satu produk Wuling. (Foto: Narsum.id/wuling.id)

Narsum.id | Jakarta – Persaingan di industri mobil listrik atau electric vehicle (EV) akan semakin ketat. Wuling Motors asal Tiongkok akan meluncurkan produk Wuling EV, yang kabarnya hanya dibanderol sekitar Rp 250 juta.

Tak hanya Wuling, Hyundai Motor Co asal Korea Selatan juga meluncurkan sedan listrik pertamanya, Ioniq 6.

Ini adalah salah satu dari sekitar 31 model listrik yang direncanakan Hyundai untuk diperkenalkan hingga 2030, dengan tujuan menguasai sekitar 12% pangsa pasar EV global.

“Ioniq 6 akan mampu bersaing dengan Tesla di sektor sedan listrik, mengingat harga yang kompetitif dan jarak tempuh yang jauh,” kata analis di Eugene Investment & Securities Lee Jae-il, seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

Ia menilai, Ioniq 6 dapat memanfaatkan harganya di pasar sedan listrik karena Tesla telah menaikkan harga beberapa kali. Ioniq 6 akan dipasarkan dengan harga sekitar 55 juta won hingga 65 juta won (Rp 700 juta) untuk pasar Korea Selatan, lebih rendah dari Tesla model 3 yang bisa mencapai miliaran rupiah.

Ioniq 6 akan tersedia di pasar Korsel tahun ini dan peluncuran di pasar Amerika Serikat (AS) ditargetkan terealisasi pada kuartal pertama tahun depan. Mobil ini memiliki jarak tempuh sekitar 610 kilometer, sekitar 30% lebih tinggi dari crossover Ioniq 5.[]