Inggris Umumkan Peringatan Cuaca Panas Ekstrem

Tower of London, London, Inggris. (Foto: Narsum.id/Unsplash/ Fabian Kühne)

Narsum.id | Jakarta – Lembaga cuaca Inggris, Met Office, mengumumkan keadaan darurat nasional, mengeluarkan peringatan merah atau Panas Ekstrem untuk beberapa bagian Inggris untuk Senin (18/07/2022) dan Selasa (19/07/2022) mendatang.

“Mungkin memecahkan rekor, suhu (mencapai rekor tertinggi) kemungkinan terjadi pada Senin, kemudian lagi pada Selasa,” ucap Met Office di website resmi, seperti dikutip Reuters.

“Malam juga cenderung menjadi sangat hangat untuk Inggris, terutama di daerah perkotaan,” ujar Met Office.

Sebelumnya, suhu tertinggi yang pernah terjadi di Inggris adalah 38,7 derajat Celcius, yang terekam di Cambridge University Botanic Garden pada 25 Juli 2019.

Awal pekan ini, The UK Health Security Agency (UKHSA) dan Met Office mengeluarkan peringatan kesehatan akibat cuaca panas tingkat 3 untuk beberapa bagian di Inggris. Hal itu berarti membutuhkan layanan sosial dan perawatan kesehatan untuk mengambil tindakan ekstra, guna melindungi yang rentan.

Baca Juga :   Konflik Pertanahan Suku Anak Dalam 113 Tuntas Akhir Agustus

Laman Met Office mendefinisikan peringatan merah, level 4, sebagai gelombang panas sangat parah dan/atau berkepanjangan sehingga efeknya meluas ke luar sistem perawatan kesehatan dan sosial.

Pada level itu, penyakit dan kematian bisa terjadi di antara yang bugar dan sehat, bukan hanya pada kelompok berisiko tinggi.[]