KSP Moeldoko Ajak Perbankan Patahkan Asumsi Mobil Listrik Mahal

Moeldoko Mobil Listrik
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (foto: Narsum.id/KSP)

Narsum.id | Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, mengajak perbankan mematahkan asumsi bahwa mobil listrik itu mahal. Hal ini disampaikannya dalam acara Leaders Insight seminar on Scaling Up Green Finance, di Nusa Dua Bali, Jumat,(15/07/2022).

“Saat ini masih ada asumsi mobil listrik itu mahal, untuk itu butuh komitmen perbankan dan korporasi untuk mendukung pembiayaan kepada industri dan konsumen kendaraan listrik,” tuturnya.

KSP Moeldoko pun menyambut baik komitmen perbankan dalam mewujudkan ekonomi dan keuangan yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya, dengan mendorong pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga :   Terpukul Penguncian Tiongkok, Tesla Naikkan Harga Jual Mobil

Ia menegaskan, perbankan dan korporasi sebagai pemain besar di sektor keuangan memegang peranan penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Keduanya harus memiliki kesadaran yang sama dan bersinergi untuk melakukan pembiayaan terhadap industri tersebut.

Moeldoko yang sekaligus Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) itu mengakui, pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan. Diantaranya, munculnya dilema dalam menentukan hal apa yang perlu dikembangkan antara percepatan produksi kendaraan atau ketersediaan fasilitas penunjangnya.

Baca Juga :   Cryptocurrency Exchange Zipmex Hentikan Penarikan

Sehingga untuk mengurai persoalan tersebut, perlu ada intervensi dari pemerintah, yakni dengan melakukan transisi dan konversi penggunaan kendaraan konvensional pada kendaraan listrik. []