Joe Biden: Palestina Perlu Melihat ‘Cakrawala Politik’

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Foto: Narsum.id/Twitter @JoeBiden)

Narsum.id | Jakarta – Presiden AS Joe Biden menilai, Palestina perlu melihat jalan menuju kenegaraan, bahkan jika harapan untuk proses perdamaian dengan Israel tetap suram. Hal itu dia ungkapkan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, ketika Biden mengunjungi Betlehem pada Jumat (15/07/2022).

Kunjungan Biden ke Betlehem dilakukan menjelang penerbangan ke Arab Saudi, yang para pemimpinnya pada Jumat mengubah aturan penerbangan dengan sikap terbuka terhadap Israel.

Riyadh membuka jalan bagi pesawat Israel untuk menggunakan wilayah udaranya dengan mengumumkan pencabutan pembatasan pada “semua maskapai”, sebuah langkah yang disambut oleh Biden sebagai langkah “bersejarah”.

Biden menegaskan kembali komitmen pemerintahannya terhadap solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina, dengan mengatakan harus ada cakrawala politik yang benar-benar dapat dilihat oleh rakyat Palestina.

Baca Juga :   Krisis Pangan, Pelabuhan Laut Hitam Ukraina Bakal Segera Dibuka Kembali

“Saya tahu bahwa tujuan kedua negara tampaknya sangat jauh,” kata Biden seperti dikutip dari AFP.

Sementara Abbas mengatakan dia mengambil langkah untuk meningkatkan hubungan bilateral dan bertujuan melihat konsulat AS untuk Palestina dibuka kembali di Yerusalem, yang sebelumnya ditutup oleh mantan presiden AS Donald Trump.

“Kunci perdamaian dimulai dengan mengakui negara Palestina,” kata Abbas.

Dengan negosiasi perdamaian Israel-Palestina yang hampir mati sejak 2014, delegasi AS telah berfokus pada langkah-langkah ekonomi.

Biden mengumumkan tambahan USD 200 juta untuk badan PBB yang melayani pengungsi Palestina, yang mengalami pemotongan dana oleh Trump.

Biden juga menegaskan tidak memiliki rencana membalikkan langkah kontroversial Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, yang membuat marah warga Palestina yang melihat sektor timurnya sebagai pusat negara masa depan mereka.

Baca Juga :   AS Bakal Mengirim Lebih Banyak Sistem Roket ke Ukraina

Selain itu, delegasi AS juga akan mengumumkan rencana menggelar infrastruktur untuk internet 4G di Jalur Gaza dan Tepi Barat pada akhir tahun depan, memenuhi aspirasi lama di antara warga Palestina.[]