Yayasan Filantropi Bill Gates Terima Total Sumbangan USD 70 Miliar

Bill Gates. (Foto: Narsum.id/Twitter @BillGates)

Narsum.id | Jakarta – Miliarder Bill Gates menyumbangkan USD 20 miliar atau setara Rp 300 triliun untuk yayasannya, The Bill and Melinda Gates Foundation, dengan tujuan utama membendung penderitaan global.

Bill Gates mengaku prihatin dengan kondisi ekonomi global saat ini yang dianggapnya telah menimbulkan penderitaan yang signifikan. Menurutnya, kemunduran ekonomi global terutama dipicu oleh pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Mengutip Yahoo News, sumbangan Bill Gates tersebut, dikombinasikan dengan hadiah USD 3,1 miliar dari CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, yang diberikan bulan lalu. Dengan demikian, total sumbangan terhadap The Bill and Melinda Gates Foundation telah mencapai sekitar USD 70 miliar.

Gates Foundation berencana menaikkan anggaran tahunannya 50% di atas tingkat sebelum pandemi, menjadi sekitar USD 9 miliar pada 2026.

Baca Juga :   Snap Bakal Memperlambat Perekrutan Akibat Suramnya Finansial

Langkah itu diharapkan mampu meningkatkan pendidikan, mengurangi kemiskinan, dan mengembalikan kemajuan global dalam mengakhiri penyakit yang dapat dicegah dan mencapai kesetaraan gender yang telah dihentikan dalam beberapa tahun terakhir.

Bill Gates juga menulis bahwa polarisasi di Amerika Serikat (AS) membuat perjuangan melawan krisis global menjadi lebih sulit.

“Kesenjangan politik membatasi kapasitas politik kita untuk berdialog, berkompromi, dan bekerja sama serta menggagalkan kepemimpinan berani yang diperlukan baik di dalam negeri maupun internasional untuk mengatasi ancaman ini,” tulisnya.[]