Panasonic Energy Bakal Bangun Pabrik Baterai di Kansas

Ilustrasi Panasonic. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Narsum.id | Jakarta – Panasonic Energy Co, pemasok baterai utama bagi Tesla Inc, akan membangun pabrik di Kansas, Amerika Serikat (AS), dengan investasi sekitar USD 4 miliar. Pabrik baru itu diprediksi mampu menciptakan 4.000 lapangan pekerjaan.

Mengutip Reuters, sebelum di Kansas, Panasonic sudah memiliki pabrik di Nevada, yang juga memasok untuk Tesla.

Anak usaha Panasonic Holdings Corp itu akhirnya memilih Kansas ketimbang Oklahoma, setelah Gubernur Kansas Laura Kelly mendorong legislatif negara bagian untuk menyetujui paket insentif hingga USD 1 miliar awal tahun ini.

Kansas sendiri memproyeksikan USD 2,5 miliar dalam kegiatan ekonomi tahunan dari pabrik yang akan mengimbangi paket subsidi pembangunan terbesar di negara bagian.

Baca Juga :   Krisis Pangan, Pelabuhan Laut Hitam Ukraina Bakal Segera Dibuka Kembali

Panasonic memasok Tesla dengan baterai yang lebih kuat dan lebih besar, yang dikenal sebagai model 4680, dimulai dengan produksi di Jepang. Kemudian pada 2029, Panasonic berencana meningkatkan kapasitas produksi baterainya mencapai 3-4 kali lipat, dengan sebagian besar peningkatan di Amerika Utara.

Tak hanya Panasonic, produsen baterai lain juga telah mengumumkan rencana untuk berinvestasi di manufaktur AS atau memulai negosiasi dengan pejabat negara dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya adalah produsen baterai asal Korea Selatan yang telah mengumumkan rencana investasi sebesar USD 5,5 miliar tahun ini di pabrik AS.

Langkah ini menjadi bagian dari tren industri untuk memenuhi pertumbuhan yang diharapkan untuk kendaraan listrik dan mengurangi ketergantungan pada produksi di Tiongkok.[]