Joe Biden Teken Paket Senjata Baru ke Ukraina Senilai USD 400 Juta

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Foto: Narsum.id/Twitter @POTUS)

Narsum.id | Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani paket bantuan senjata baru untuk Ukraina, yang nilainya mencapai sekitar USD 400 juta.

Dalam paket ini, AS memberikan empat tambahan sistem roket artileri mobilitas tinggi (HIMARS) untuk menghadapi serangan berat artileri Rusia. Selain HIMARS, paket senjata terbaru juga mencakup amunisi untuk sistem artileri howitzer, yang tersedia untuk militer AS namun belum diberikan ke Ukraina.

Seorang pejabat senior pertahanan AS menyebutkan bahwa HIMARS tambahan ini akan membuat total sistem AS yang berikan kepada Ukraina menjadi 12 unit.

Sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022, pasukan Rusia telah menguasai sebagian besar wilayah di sisi selatan Ukraina di atas Krimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014. Setelah itu, Rusia mulai mendorong pasukan Ukraina keluar dari wilayah Donbas.

Baca Juga :   Rhinitis dan Sinusitis Tidak Sama, Begini Cara Membedakannya

“Ukraina sekarang telah berhasil menyerang lokasi Rusia di Ukraina, lebih dalam di belakang garis depan dan mengganggu kemampuan Rusia untuk melakukan operasi artileri itu,” kata pejabat AS itu kepada Reuters.

AS telah memasok sistem senjata roket presisi ke Ukraina sejak bulan lalu, setelah menerima jaminan dari Ukraina bahwa mereka tidak akan menggunakannya untuk mencapai target di dalam wilayah Rusia.

Menurut pejabat AS itu, Ukraina belum menggunakan sistem HIMARS untuk menyerang di luar negaranya.[]