McDonald’s Bakal Memperketat Aturan Kepemilikan Waralaba

McDonald's
McDonald's, (Foto:Narsum.id/Pixabay/KelvinStuttard )

Jakarta | McDonald’s Corp. berencana membuat sejumlah perubahan terbesar dalam beberapa dekade pada sistem waralaba yang menopang operasinya di Amerika Serikat (AS), karena berusaha untuk menghidupkan kembali basis pemilik restorannya.

Para eksekutif McDonald’s pekan ini memberi tahu pewaralaba bahwa mereka harus melalui tinjauan yang lebih ketat setiap 20 tahun untuk mempertahankan restoran mereka.

McDonald’s akan mempertimbangkan faktor baru, seperti riwayat kinerja, karena meminta pemilik untuk mengajukan permohonan untuk mempertahankan lokasi mereka. Selain itu juga mempertimbangkan keluhan pelanggan, untuk menentukan franchisee mana yang dapat menambah lokasi baru.

Dalam perubahan yang dapat mempengaruhi sejumlah operator restoran dengan masa kerja terlama, McDonald’s juga mengharuskan beberapa pewaris generasi berikutnya untuk menyediakan lebih banyak uang untuk tetap mengoperasikan lokasi mereka, dan untuk menunjuk satu anggota keluarga sebagai operator.

Baca Juga :   Diare Akibat Virus Berbeda dengan Diare Akibat Bakteri

Saat ini, pewaralaba McDonald’s dapat menunjuk sejumlah ahli waris, seperti anak-anak dari pemilik orang tua, untuk mengambil alih restoran mereka sebagai bagian dari perjanjian mereka dengan rantai.

“Perubahan ini sesuai dengan prinsip bahwa menerima jangka waktu waralaba baru diperoleh, bukan diberikan,” kata McDonald’s dalam pesannya kepada pewaralaba mengenai perubahan tersebut yang dilansir dari The Wall Street Journal.

McDonald’s sebagai rantai makanan cepat saji terbesar di dunia, sangat bergantung pada pewaralabanya, yang memiliki dan mengoperasikan lokasi sambil membayar royalti untuk menggunakan merek, pemasaran, dan rantai pasokannya.

Dokumen pengungkapan waralaba terbaru menunjukkan, pada tahun lalu, lebih dari 1.750 lokasi McDonald’s telah bertukar tangan, naik dari sekitar 750 pada 2019 dan 2020.

Baca Juga :   Cryptocurrency Exchange Zipmex Hentikan Penarikan

Total investasi awal yang dibutuhkan untuk mengoperasikan waralaba McDonald’s tradisional berkisar dari USD 1.366.000 hingga USD 2.450.000, termasuk biaya waralaba awal sebesar USD 45.000.[]