The Academy Tunjuk CEO Baru Bill Kramer Gantikan Dawn Hudson

Panggung Piala Oscar. (Foto: Narsum.id/Twitter @OscarawardsTv)

Jakarta | The Academy of Motion Picture Arts and Sciences menunjuk Bill Kramer sebagai CEO barunya menggantikan Dawn Hudson. Hal ini mengakhiri masa kepemimpinan Hudson selama 11 tahun yang penuh gejolak, antara lain mencakup kontroversi #OscarsSoWhite, perluasan besar keanggotaan grup, dan peristiwa tamparan Will Smith.

Hudson pertama kali mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada Oktober lalu, tak lama setelah pembukaan museum film besar baru Academy di Los Angeles yang sukses.

“Kramer adalah pilihan ideal untuk memimpin pada momen penting bagi organisasi ini,” kata Presiden Academy David Rubin dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP.

Kramer, yang akan mulai menjabat CEO Academy bulan depan, mengawasi hampir USD 400 juta dalam penggalangan dana untuk Academy Museum, yang direncanakan selama beberapa dekade, dan telah menjadi prioritas utama untuk masa depan organisasi.

Baca Juga :   TNSC: Ekspor Thailand Tak Akan Terdampak Aturan Baru Bank Sentral Myanmar

Sebagai kelompok pembuat film paling elit di Hollywood, yang juga mengawasi Oscar, Academy harus menghadapi banyak kontroversi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk tuduhan kurangnya keragaman ras. Academy juga dihujani kritik karena kelangkaan nominasi kulit hitam selama gerakan #OscarsSoWhite, yang muncul pada 2015.

Kemudian, Hudson dan para pemimpin senior Academy juga menghadapi kritik lantaran dianggap kurang bereaksi setelah Smith memukul komedian Chris Rock di atas panggung saat upacara Oscar tahun ini.

Academy mengatakan Smith diminta untuk meninggalkan ruang dansa Hollywood tak lama setelah serangan itu, namun klaim itu dibantah, termasuk oleh perwakilan Smith.

Tak lama setelah pertengkaran itu, Smith yang memenangkan Academy Award untuk aktor terbaik, kemudian dilarang menghadiri Oscar untuk dekade berikutnya.[]