Korsel dan AS Balas Rudal Korut dengan Pesawat Tempur

Ilustrasi pesawat tempur. (Foto: Narsum.id/Pixabay/donwhite84)

Jakarta | Setelah Korea Utara meluncurkan delapan rudal balistik pada Minggu (05/06/2022), kini giliran Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) melakukan unjuk kekuatan dengan menerbangkan pesawat tempur, termasuk jet tempur siluman, di atas perairan di sekitar Semenanjung Korea pada Selasa (07/06/2022).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa 16 pesawat tempur Korea Selatan, termasuk jet tempur siluman F-35 dan empat jet tempur F-16 AS, membentuk skuadron serangan di atas Laut Barat untuk menanggapi ancaman musuh.

Manuver udara ini adalah unjuk kekuatan gabungan ketiga oleh sekutu di bawah Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang telah bersumpah akan bersikap lebih keras terhadap Korea Utara.

“Korea Selatan dan AS menunjukkan kemampuan dan kemauan kuat mereka untuk menyerang dengan cepat dan akurat terhadap provokasi apa pun dari Korea Utara,” katanya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Baca Juga :   Terpukul Penguncian Tiongkok, Tesla Naikkan Harga Jual Mobil

Korea Utara meluncurkan delapan rudal balistiknya sehari setelah Seoul dan Washington menyelesaikan latihan bersama pertama mereka yang melibatkan kapal induk Amerika Serikat (AS) dalam lebih dari empat tahun.

Latihan itu adalah latihan militer gabungan pertama sekutu sejak Yoon Suk-yeol menjabat presiden Korea Selatan bulan lalu, dan yang pertama melibatkan kapal induk sejak November 2017. Pyongyang sebenarnya sudah lama memprotes latihan bersama itu, dan menyebutnya sebagai latihan untuk invasi.[]