Geely Akuisisi Saham Renault di Korea Senilai Rp 3 Triliun

Logo Renault. (Foto: Narsum.id/Ist)
Logo Renault. (Foto: Narsum.id/Ist)

Jakarta | Perusahaan otomotif Tiongkok, Geely Automobile Holdings akan membeli 34,02% saham Renault Korea Motors. Nilai transaksi pembelian itu mencapai 264 miliar won atau sekitar Rp 3 triliun.

Dengan demikian, Renault Korea akan menerbitkan 45,4 juta saham dengan harga 5.818 won per saham kepada unit Geely, Centurion Industries Limited. Namun, Renault Korea juga memastikan bahwa prinsipalnya akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas di unit Korea, setelah investasi saham Geely.

Renault saat ini memiliki 80,1% saham di Renault Korea Motors, dan Samsung Card yang merupakan afiliasi dari konglomerat Samsung, menguasai 19,9% saham di dalamnya.

Mengutip The Korea Herald, langkah ini adalah bagian dari perjanjian induk perusahaan yang diteken pada awal tahun, untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

Baca Juga :   Menparekraf Bakal Bangun Sekolah Pendidikan Pariwisata di Labuan Bajo

Saat itu, Geely Holding Group dan Renault Group mengumumkan akan bekerja sama untuk mengembangkan model baru dari kendaraan listrik hibrida hemat bahan bakar dan model mesin pembakaran internal di Korea.

Rencananya, kendaraan baru itu akan diproduksi di pabrik Renault Korea yang berlokasi di Busan, mulai 2024 mendatang.[]