Qantas Pesan 12 Pesawat Airbus untuk Penerbangan Komersial Terpanjang di Dunia

Ilustrasi pesawat. (Foto: Narsum.id/Pixabay)
Ilustrasi pesawat. (Foto: Narsum.id/Pixabay)

Jakarta | Maskapai Qantas Airways Ltd memesan 12 unit pesawat A350-1000 produksi Airbus SE, untuk penerbangan komersial terpanjang di dunia, untuk rute Sydney-London, secara langsung.

Pengiriman 12 pesawat ini akan dimulai pada tahun 2025 dan selesai pada tahun 2028.

Selain itu, Qantas juga memesan 20 unit A321XLR, dan 20 unit A220, yang akan tiba akhir tahun depan, dan juga termasuk opsi untuk membeli 94 unit pesawat lainnya yang akan tiba, hingga setidaknya 2034

Sejak Desember lalu, Qantas beralih ke Airbus sebagai pemasok pesawatnya untuk memperbarui armada berbadan sempitnya yang menua. Keputusan ini juga menjadi pukulan bagi Boeing yang merupakan pemasok lama Qantas.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

Qantas mengatakan bahwa kondisi pasar membaik, dengan pulihnya permintaan perjalanan domestik lebih cepat dari yang diharapkan. Hal itu memungkinkan maskapai mengurangi tingkat utang dan memperkirakan dapat kembali mencetak laba pada tahun keuangan mulai 1 Juli.

“Keputusan dewan untuk menyetujui pesanan pesawat terbesar dalam penerbangan Australia adalah mosi percaya yang jelas di masa depan Grup Qantas,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Alan Joyce yang dilansir dari Reuters.[]