Amazon.com Bakal Tutup 6 Gerai Whole Foods Akibat Prospek Suram

Ilustrasi aplikasi Amazon. (Foto: Narsum.id/Unsplash)
Ilustrasi aplikasi Amazon. (Foto: Narsum.id/Unsplash)

Jakarta | Perusahaan e-commerce Amazon.com akan menutup enam toko Whole Foods di empat negara bagian Amerika Serikat (AS). Amazon mengambil keputusan ini hampir dua bulan setelah menutup lusinan toko buku dan toko suvenir di seluruh AS.

Toko-toko yang ditutup adalah dua unit di Alabama, satu unit di California, satu unit di Massachusetts, dua unit di Chicago. Rencananya, lima gerai akan tutup pada 6 Mei, sedangkan satu unit di Englewood, Chicago, akan tutup dalam beberapa bulan ke depan.

“Kami telah membuat keputusan sulit untuk menutup enam toko,” ucap juru bicara Whole Foods seperti dilansir dari Reuters.

Amazon mengatatakan bahwa kerugian kuartal pertama yang tidak terduga dan prospek suram untuk periode saat ini. Penjualan online turun 3% pada kuartal tersebut.

Baca Juga :   SEC Selidiki Potensi Kerugian Pengguna Platform Zipmex

Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Seattle ini mengakuisisi Whole Foods Market pada 2017 sebagai langkah besar memasuki ritel fisik. Nilai transaksi yang dikeluarkan mencapai USD 13 miliar.

Sejak saat itu, Amazon juga telah meluncurkan supermarket sendiri bernama Amazon Fresh dan kini memiliki lebih dari 20 gerai di California, Illinois dan kawasan Atlantik tengah.[]