Korea Selatan Tak Lagi Wajibkan Pemakaian Masker di Luar Ruangan

Bendera Korea Selatan. (Foto: Narsum.id/Pixabay/Big_Heart)
Bendera Korea Selatan. (Foto: Narsum.id/Pixabay/Big_Heart)

Jakarta | Korea Selatan (Korsel) mulai melonggarkan aturan pembatasan Covid-19, dengan tidak lagi mewajibkan pemakaian masker di luar ruangan, mulai pekan depan.

Meski demikian, Perdana Menteri Kim Boo-kyum menegaskan, pemakaian masker masih diwajibkan di acara-acara dengan 50 orang atau lebih, seperti di rapat umum, konser dan stadion olahraga.

Kim menjelaskan, keputusan ini diambil lantaran pihaknya tak bisa lagi berpaling dari ketidaknyamanan warganya, ketika situasi virus Corona di Korsel telah stabil.

Pemerintah Korsel mengambil keputusan ini hanya beberapa hari jelang pelantikan Presiden terpilih Yoon Suk-yeol pada 10 Mei. Namun, keputusan ini sejatinya ditentang oleh timnya.

“Tim transisi setuju dengan mendorong pencabutan mandat memakai masker sebagai bagian dari upaya untuk kembali ke kehidupan normal, tetapi kami telah menekankan berkali-kali bahwa menghapus mandat masker luar ruangan pada saat ini akan terlalu dini,” kata juru bicara tim Yoon, Hong Kyung-hee.

Baca Juga :   Terpukul Penguncian Tiongkok, Tesla Naikkan Harga Jual Mobil

Melansir Reuters, Jumat (29/04/2022), Korsel mencatatkan 50.568 kasus Covid-19 baru pada hari Jumat, menurun drastis dari puncaknya pada pertengahan Maret yang mencapai lebih dari 620.000 kasus dalam sehari.[]