Elon Musk Lepas Saham Tesla Senilai USD 4 Miliar

Logo Tesla. (Foto: Narsum.id/Unsplash/Alexander Shatov)
Logo Tesla. (Foto: Narsum.id/Unsplash/Alexander Shatov)

Jakarta | Pendiri produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk melepas sekitar 4,4 juta saham Tesla dengan nilai sekitar USD 4 miliar, pada 26 dan 27 April 2022. Musk mengambil keputusan tersebut setelah meraih kesepakatan pembelian Twitter senilai USD 44 miliar pada awal pekan ini.

Menurut sejumlah analis dan investor Wall Street, langkah itu diperlukan Musk untuk menutup bagian ekuitas senilai USD 21 miliar dari transaksi yang dia jamin secara pribadi.

Kesepakatan antara Musk dengan Twitter memunculkan sejumlah masalah terkait siapa yang akan menjadi pemimpin Tesla, mengingat Musk telah menjadi CEO sejak 2008 dan juga lama memegang saham mayoritas di perusahaan itu.

Di sisi lain, konfirmasi penjualannya bisa membingungkan para pemegang saham, yang didominasi oleh investor ritel.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

“Kesepakatan Twitter menjadi elang laut untuk saham Tesla dan ini menuangkan bensin ke api yang mengamuk,” ujar Dan Ives dari Wedbush seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (29/04/2022).

Elon Musk adalah orang terkaya di dunia dengan nilai harta USD 252,2 miliar berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index. Namun anjloknya saham Tesla belakangan ini telah memangkas kekayaan bersih Musk tahun ini hingga USD 18 miliar, bahkan ketika Tesla meraih kinerja keuangan yang positif awal bulan ini.[]