Alibaba Berencana Memperluas Pasar Lazada ke Eropa

Logo Alibaba. (Foto: Narsum.id/Ist)
Logo Alibaba. (Foto: Narsum.id/Ist)

Jakarta | Alibaba Group berencana memperluas cabang Asia Tenggaranya, Lazada, ke wilayah Eropa untuk mencari pertumbuhan lebih lanjut di luar negeri, di tengah peluang yang melambat di dalam negeri. Di Tiongkok, Alibaba telah menghadapi persaingan yang kuat dari kompetitornya seperti Pinduoduo Inc dan anak perusahaan ByteDance Douyin.

Ekspansi ini dilakukan beberapa bulan setelah cabang logistik Alibaba, Cainiao, membuka pusat penjualan Eropa di Belgia.

Sebelumnya, Alibaba sudah hadir di Eropa melalui platform e-commerce globalnya, AliExpress, yang terutama menargetkan konsumen yang mencari barang-barang dari pabrikan Tiongkok, seperti aksesoris smartphone dan pakaian.

Sumber yang mengetahui hal ini mengungkapkan kepada Reuters bahwa Lazada berencana menargetkan vendor lokal Eropa, sementara AliExpress akan terus fokus terutama pada penjualan lintas batas dari Tiongkok.

Baca Juga :   Cryptocurrency Exchange Zipmex Hentikan Penarikan

Sumber tersebut tidak merinci negara-negara Eropa mana yang akan dijadikan tujuan ekspansi Lazada. Mereka juga menolak disebutkan namanya, lantaran tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Lazada berdiri sejak 2012 oleh inkubator teknologi Internet Rocket Jerman untuk menjadi jawaban Asia Tenggara untuk Amazon.com Inc. Alibaba mengakuisisi saham pengendali di dalamnya sekitar USD 1 miliar pada tahun 2016 dan menjadi kesepakatan asing terbesar perusahaan Tiongkok pada saat itu.[]