AMP Ltd Lepas Bisnis Ekuitas Real Estate AMP Capital

Dexus Beli Bisnis Ekuitas Real Estate AMP Capital. (Foto: Narsum.id/Twitter @Dexus)
Dexus Beli Bisnis Ekuitas Real Estate AMP Capital. (Foto: Narsum.id/Twitter @Dexus)

Jakarta | Perusahaan layanan keuangan asal Australia, AMP Ltd akan melepas bisnis ekuitas real estate dan infrastruktur domestik dari unit manajemen asetnya, AMP Capital.

Pembelinya adalah Dexus, perusahaan di bidang real estate investment trust (REITs), dengan nilai AUD 550 juta atau sekitar Rp 5,6 triliun. Dexus mengelola sejumlah proyek properti, termasuk gedung perkantoran, yang tersebar di berbagai wilayah Australia, seperti Sydney, Brisbane dan Melbourne.

Sebanyak AUD 250 juta dalam kesepakatan itu akan dibayarkan berbentuk tunai di muka dan pertimbangan pendapatan hingga AUD 300 juta tergantung pada sejumlah faktor, termasuk keberhasilan transisi aset yang dikelola atau assets under management (AUM).

Melansir Reuters pada Rabu (27/04/2022), Dexus juga akan membeli saham sponsor AMP yang sudah ada dan berkomitmen di AMP Capital hingga AUD 450 juta. Kesepakatan ini membuat AMP semakin menjauh dari rencananya memisahkan AMP Capital. Sebagai gantinya, AMP akan memilih menjual bagian dari unit tersebut.

Baca Juga :   TNSC: Ekspor Thailand Tak Akan Terdampak Aturan Baru Bank Sentral Myanmar

Rencananya, AMP akan menggunakan hasil penjualan tersebut untuk membayar utangnya dan mengembalikan modal kepada investor.[]