23 Gerbang Tol Diprediksi Rawan Kepadatan Saat Mudik Lebaran 2022

Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, terdapat 23 titik pintu tol yang rawan kepadatan kendaraan pada saat mudik lebaran 2022 mendatang.

“Ada 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan. Di mana wilayah Banten ada 2, wilayah Jakarta atau Polda Metro ada 2 gate tol. Kemudian wilayah Jawa Barat ada 7, Jawa Tengah ada 6, dan Jawa Timur juga ada 6,” tutur Kapolri kepada wartawan, pada Kamis (14/04/22).

Dari puluhan titik pintu tol yang rawan kepadatan kendaraan itu, paling banyak diprediksi berada di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

Selain itu, Kapolri juga mengungkapkan nantinya bakal ada enam titik bottle neck yang akan diberlakukan pada sepanjang jalur tol. Tetapi, hal tersebut bakal diberlakukan melihat situasi di lapangan terlebih dahulu.

“Namun pada saat mulai terjadi peningkatan ini tentunya menjadi masalah, karena ada perubahan dari 4 lajur menjadi 2, di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak KM 26,” ungkap Listyo Sigit.

Selanjutnya arah Cikampek mulai KM 48 sampai KM 50 ada perubahan 5 lajur menjadi 3 lajur. Lalu di Cikampek KM 31-KM 37 ada perubahan dari 4 lajur menajdi 3 lajur. Seterusnya, di KM 70-KM 72, 3 lajur menjadi 2 lajur.

Mudik

“Kemudian arah Jakarta dan sebaliknya 6 lajur menjadi 3 lajur. Pada saat arus balik nanti dan di KM 54 dari 5 lajur menjadi 3 lajur,” ungkap Kapolri.

Hal tersebut lanjut Listyo Sigit, merupakan potensi-potensi perlambatan dan juga potensi-potensi kemacetan yang harus diuraikan.

“Karena tahun ini kita melihat bahwa yang akan mudik sangat besar dan pengalaman-pengalaman rekan-rekan semua di tahun 2019 belum pandemi. Saya harapkan ini semua dipersiapkan, sehingga kemudian masyarakat bisa betul-betul kita berikan kemudahan pada saat masyarakat akan melakukan mudik,” tandas Kapolri. []

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua