Meta Ajak Pembuat Konten Jual Barang Virtual di Horizon Worlds

Meta
Meta Platforms. (Foto: Narsum.id/Pixabay/Artapixel)
Meta
Meta Platforms. (Foto: Narsum.id/Pixabay/Artapixel)

Jakarta | Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk menjual barang-barang virtual kepada pengguna di Horizon Worlds, platform utamanya di metaverse.

Metaverse, yang disebut-sebut oleh Meta dan perusahaan lain sebagai masa depan internet, terdiri dari serangkaian “alam semesta” paralel yang diakses terutama melalui platform augmented reality dan virtual.

Secara mendasar metaverse sudah ada dalam bentuk video game seperti Minecraft, Fortnite dan Roblox, serta platform sosial seperti Horizon Worlds dan VRChat, di mana orang berkumpul tidak hanya untuk bermain, tetapi juga untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam sebuah acara.

Meta, yang pendapatannya sangat bergantung pada iklan bertarget skala besar, telah menjadikan misinya untuk memberikan kontribusi besar pada kemunculan metaverse. Untuk itu, perusahaan tersebut berusaha menarik pembuat konten yang kemungkinan besar akan menarik lebih banyak pengguna baru.

Baca Juga :   Cryptocurrency Exchange Zipmex Hentikan Penarikan

Meta sudah menyiapkan dana sebesar USD 10 juta untuk kreator di Horizon pada bulan Oktober, di mana lebih dari 10.000 “dunia” yang berbeda sudah ada.

“Ini sebagai ujian dengan segelintir pembuat konten untuk mendapatkan umpan balik mereka, jenis alat ini adalah langkah menuju visi jangka panjang kami untuk metaverse di mana pembuat konten dapat mencari nafkah dan orang-orang dapat membeli barang digital, layanan dan pengalaman,” kata Meta seperti dilansir dari AFP.

Perusahaan juga berencana menguji bonus bagi pembuat konten yang mencapai tujuan tertentu, seperti membangun dunia yang paling banyak menghabiskan waktu. Bonus ini tidak akan dikenakan biaya dan akan dibayarkan kepada pencipta secara penuh, tidak seperti pendapatan dari item virtual, yang dikenakan komisi.[]