General Motors Bakal Dapat Dukungan Investasi dari Pemerintah Kanada

Kantor pusat General Motors. Ilustrasi. (Foto: Narsum.id/Instagram @generalmotors)
Kantor pusat General Motors. Ilustrasi. (Foto: Narsum.id/Instagram @generalmotors)

Jakarta | Pemerintah Kanada akan memberikan dukungan untuk investasi General Motors Co. (GM) di dua pabrik, termasuk satu yang akan memproduksi kendaraan komersial listrik atau electric vehicle (EV).

Berdasarkan sumber Reuters, pemerintah federal dan pemerintah provinsi Ontario akan berinvestasi di dua pabrik GM di Ingersoll dan Oshawa. Namun tidak disebutkan lebih rinci, termasuk tentang besaran investasinya.

Saat ini, Kanada memang tengah berusaha menjaga masa depan pusat manufaktur di Ontario, seiring upaya dunia mengurangi emisi dengan berinvestasi dalam rantai pasokan EV.

Wakil Presiden GM Global Chevrolet Scott Bell, Menteri Perindustrian federal Kanada Francois-Philippe Champagne dan Perdana Menteri Ontario Doug Ford akan mengumumkan tentang investasi tersebut pada Senin (04/04/2022) waktu setempat di jalur uji kendaraan GM di Oshawa.

Baca Juga :   TNSC: Ekspor Thailand Tak Akan Terdampak Aturan Baru Bank Sentral Myanmar

Sebelumnya awal tahun lalu, pihak GM mengatakan akan menginvestasikan C$ 1 miliar (USD 799 juta) untuk mengubah Pabrik Perakitan CAMI di Ingersoll, Ontario, untuk memproduksi van pengiriman komersial BrightDrop EV600.

Kemudian jelang akhir 2021, GM membuka kembali pabriknya di Oshawa, setelah ditutup selama dua tahun, untuk memproduksi pikap Chevrolet Silverado.

Tak hanya itu, pada bulan lalu, GM bersama POSCO Chemical Korea Selatan juga telah menyatakan akan membangun fasilitas senilai USD 400 juta, untuk memproduksi bahan baterai di Kanada. Strategi ini ditempuh lantaran GM ingin meningkatkan produksi EV di masa depan.[]