Dukung Program Ramah Lansia, Siloam Hospitals Bekasi Timur Luncurkan Layanan Golden Care

Kamar VIP Golden Care khusus Lansia dengan sejumlah fasilitas yang lengkap. (Foto: Narsum.id/Siloam Hospitals)
Kamar VIP Golden Care khusus Lansia dengan sejumlah fasilitas yang lengkap. (Foto: Narsum.id/Siloam Hospitals)

Jakarta | Siloam Hospitals Bekasi Timur membuka layanan Golden Care berupa layanan kesehatan untuk warga lanjut usia (lansia) di kota setempat dan sekitarnya. Data manajemen Siloam Hospitals Bekasi Timur menunjukkan, sejak 2020-Januari 2022, tercatat 900 lansia di usia 60-70 tahun yang melakukan rawat jalan pun rawat inap. Kegiatan itu termasuk para lansia dengan kategori pasien komorbid.

“Layanan Golden Care diadakan khusus bagi masyarakat lansia yang ada di kota Bekasi dan sekitarnya. Layanan ini sekaligus bentuk dukungan kami kepada pemerintah kota dalam menjalankan program Kota Bekasi Ramah Lanjut Usia,” tutur Direktur Utama Siloam Hospitals Bekasi Timur dr. Ervina, MM, MMRS., Selasa (29/03/2022) melalui kegiatan peluncuran dan pengenalan Program ‘Golden Care’ kepada sejumlah komunitas dan relasi Siloam Hospitals.

Ervina menjelaskan, layanan ‘Golden Care’ Siloam Hospitals Bekasi Timur adalah solusi layanan kesehatan untuk usia lanjut yang dapat merupakan kelanjutan perawatan di rumah sakit serta upaya pemeliharaan kesehatan dan pengobatan penyakit yang sudah diderita. Layanan ini dilengkapi 10 kamar VIP dengan fasilitas yang dibuat khusus bagi para lansia, termasuk layanan dokter umum, dokter spesialis dan perawat yang terlatih dalam menangani para lansia.

Penanganan Penyakit pada Usia Lanjut

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

Ada beberapa penyakit yang kerap muncul seiring dengan pertambahan usia, misalnya stroke, diabetes, darah tinggi, dan masih banyak lagi yang harus diawasi kesehatannya agar kondisinya tetap sehat. Hal ini dapat dikontrol dengan rutin konsumsi obat, makanan sehat, olahraga, kelola stres dan lainnya.

Dalam pemaparan ilmiah yang disampaikan oleh dr. Rezy Sesareza Prakarsa, Sp.N yang bertajuk “Penanganan Stroke pada Lansia” dijelaskan bahwa stroke terjadi ketika ada gangguan oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat oleh gumpalan atau pecah. Dampaknya organ otak tidak bisa mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan, sehingga sel-sel otak itu mati. Hal terburuk dari penyakit ini adalah kematian.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Pelopor.id disebutkan bahwa beberapa faktor risiko stroke yang tidak dapat diubah, antara lain usia (>55tahun), jenis kelamin (terbanyak pada pria), ras tertentu, dan genetik (riwayat stroke di keluarga). Sedangkan faktor risiko yang dapat diubah, antara lain diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, kebiasaan merokok, kolesterol tinggi, dan kurang olahraga.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

Dokter Rezy selaku dokter spesialis saraf di Siloam Hospitals Bekasi Timur juga menegaskan bahwa periode emas untuk penangan stroke hanya dimiliki dalam waktu 1 jam paska terserang stroke.

Stroke, Penyakit Lansia yang Harus Ditangani

Penanganan penyakit stroke, yaitu kurang dari 4,5 jam sejak pertama kali muncul gejala dan tanda sampai dilakukan penanganan stroke di rumah sakit. Jika dalam periode emas itu dapat segera ditangani, risiko kematian dan kecacatan stroke dapat diturunkan.

“Oleh karena itu, para lansia memerlukan pemeriksaan kesehatan berkala. Apabila ada kesulitan untuk setiap waktu kontrol ke RS, Siloam Hospitals Bekasi Timur memiliki Paket kunjungan rumah bagi lansia senilai Rp 1.000.000, sudah termasuk: pemeriksaan tanda-tanda vital dan rekam jantung (EKG), pemeriksaan laboratorium termasuk: darah lengkap (FBC), urine lengkap, fungsi liver (SGOT, SGPT), fungsi ginjal (Ureum, Creatinine, Asam urat), profil lipid: Total kolesterol, Trigliserida, HDL, LDL, Gula darah puasa, telekonsultasi dokter umum (2 kali), telekonsultasi psikolog (1 kali), pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata di RS (1 kali),” ungkap dr. Sarah Regina Christy, selaku PIC Program Golden Care.

Baca Juga :   Ingin Lihat Komodo? Presiden Sarankan ke Pulau Rinca, Harganya Sama

Diselingi dengan menjawab pertanyaan dari peserta acara, dr. Sarah juga menjelaskan program day care untuk perawatan mandiri pasien lansia di Siloam Hospitals Bekasi Timur. Adapun Paket Day Care Lansia senilai Rp 600.000 per hari, sudah termasuk: kamar rawat inap kelas VIP, makanan bergizi untuk 3x/hari, snack 3x/hari, dan pengawasan medis dari dokter umum dan perawat. Jika memerlukan layanan day care, pasien akan dilakukan assessment terlebih dahulu oleh dokter umum sehari sebelum masuk rumah sakit.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Siloam dapat menghubungi Siloam Hospitals Bekasi Timur, dengan nomor hotline: 021-80611-900, pendaftaran rawat jalan: 0811-9276-658, emergency call & ambulance 24 hours: 1-500-911.[]