Unit Bisnis Asuransi Jiwa AIG Bakal Gelar IPO di Bursa AS

Logo American International Group Inc (AIG). (Foto: Narsum.id/Twitter@AIGinsurance)

 

Logo American International Group Inc (AIG). (Foto: Narsum.id/Twitter@AIGinsurance)

Jakarta | Unit bisnis asuransi jiwa dan pensiun American International Group Inc (AIG), yaitu SAFG Retirement Services Inc mengajukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di Amerika Serikat (AS), pada awal pekan ini.

Setelah IPO, AIG akan terus memiliki lebih dari 50% SAFG dan unit tersebut akan diganti namanya menjadi Corebridge Financial Inc. Penjamin emisi untuk penawaran tersebut adalah JP Morgan, Morgan Stanley dan Piper Sandler.

Dalam pengajuannya, SAFG melaporkan kenaikan pendapatan sebesar 55%, menjadi USD 23,39 miliar atau setara Rp 335,3 triliun (kurs Rp 14.335 per USD) untuk tahun yang berakhir 31 Desember. Demikian juga pendapatan operasional setelah pajak yang disesuaikan tumbuh 14,5% menjadi USD 2,93 miliar.

Melansir Reuters, pengajuan IPO ini dilakukan tak sampai setahun setelah AIG mengumumkan rencana menjual 9,9% saham di unit SAFG kepada perusahaan ekuitas swasta Blackstone Group Inc senilai USD 2,2 miliar.

Baca Juga :   Peritel 7-Eleven PHK Ratusan Karyawan di AS Akibat Tekanan Inflasi

Langkah pengajuan ini diharapkan menjadi salah satu yang terbesar tahun ini, bahkan ketika minat investor pada IPO berkurang akibat volatilitas pasar saham di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga yang agresif dari bank sentral AS The Federal Reserve dan ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina.[]