Menlu Wanita AS Pertama Madeleine Albright Wafat di Usia 84

Menteri luar negeri Amerika Serikat wanita pertama, Madeleine Albright, wafat di usia ke-84 tahun. (Foto: Narsum.id/Twitter @madeleine)
Menteri luar negeri Amerika Serikat wanita pertama, Madeleine Albright, wafat di usia ke-84 tahun. (Foto: Narsum.id/Twitter @madeleine)

Jakarta | Menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) wanita pertama dan salah satu negarawan paling berpengaruh di generasinya, Madeleine Albright, meninggal pada Rabu (23/03/2022) waktu setempat. Pihak keluarga menyebutkan Albright wafat di usia ke-84 akibat penyakit kanker.

Melansir AFP, Madeleine Albright pertama kali datang ke AS sebagai pengungsi politik, pada usia 11 tahun. Ia lahir di Praha pada tahun 1937 dan menganut agama Yahudi, kemudian berhasil melarikan diri sebelum invasi Nazi ke Cekoslowakia pada tahun 1939. Awalnya, Albright pindah ke Inggris, kemudian ke AS satu dekade kemudian.

Setelah mempelajari ilmu politik, Madeleine Albright akhirnya resmi terjun ke dunia politik sebagai penggalang dana, kemudian menjadi ajudan kongres dan memasuki pemerintahan Presiden Jimmy Carter yang bekerja untuk Zbigniew Brzezinski, yang merupakan penasihat keamanan nasional Carter.

Ketika Bill Clinton menjabat sebagai presiden pada 1993, dia menunjuk Albright sebagai duta besar untuk PBB. Kemudian pada 1996, Albright diangkat menjadi menteri luar negeri AS.

Baca Juga :   Pembelian Rumah di AS oleh WNA Terus Menurun

Pada puncak kariernya, pengaruh global Albright disejajarkan dengan mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Albright pun menyadari bahwa dia adalah bagian dari generasi baru perempuan dalam pelayanan publik.

Madeleine Albright pernah berkata bahwa dulu satu-satunya cara seorang wanita dapat benar-benar membuat pandangan kebijakan luar negerinya terasa adalah dengan menikahi seorang diplomat, dan kemudian menuangkan teh ke pangkuan duta besar yang menyinggung. Hari ini, perempuan terlibat dalam setiap aspek urusan global.[]