Polri Sebut Satu Tersangka Teroris Ingin Beraksi di Gedung DPR

Polri Sebut Satu Tersangka Teroris Ingin Beraksi di Gedung DPR
Ilustrasi borgol. (Foto:Narsum.id/Pixabay/jhusemannde)
Polri Sebut Satu Tersangka Teroris Ingin Beraksi di Gedung DPR
Ilustrasi borgol. (Foto:Narsum.id/Pixabay/jhusemannde)

Narsum.id – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, menangkap 3 orang tersangka teroris di tiga wilayah berbeda pada Selasa (15/03/2022). Salah satu yang ditangkap, berinisial RS (25) di Bogor, Jawa Barat yang merupakan pendukung Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Menurut Polisi, tersangka sempat berencana melakukan amaliyah di Gedung DPR RI.

“Berdasarkan informasi IT berencana melakukan kegiatan amaliah di Gedung DPR,” tutur Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, Kamis (17/03/2022).

Kombes Aswin menjelaskan, rencana aksi di Gedung DPR RI ini diungkapkan oleh RS melalui akun Facebook pribadinya bernama Ana Ikhwan pada 16 Februari 2022. Adapun postingan yang diunggah RS di halaman Facebook adalah sebagai berikut:

“terkadang kalau lihat pasangan suami istri, mesra-mesra romantis di tempat umum. Kenapa ya rasanya pingin pergi saja ke Gedung DPR untuk amaliah,” tulis akun Ana Ikhwan.

Baca Juga :   Mahfud MD: Musuh Kita KKB Bukan Rakyat Papua

Kombes Aswin juga menyebutkan, dalam penangkapan RS turut disita barang bukti pisau sangkur berwarna hitam dan Handphone Evercross warna hitam.

“(Tersangka juga) sering memposting video kekerasan yang dilakukan ISIS di Facebook,” tegasnya.

Sementara tersangka kedua yang berinisial MR ditangkap di wilayah Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. MR, disebut terlibat sebagai pendukung daulah islamiyah ISIS. Menurut Kombes Aswin, MR berperan membuat video hingga poster propaganda untuk membangkitkan semangat jihad amaliyah. MR juga memiliki senjata yang diduga Airsoftkenis AK47 dan Makarov. []